cara meluruskan rambut dengan lidah buaya
5 Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya Dirumah
10/06/2019
cara menghilangkan dengkuran
Penyebab dan 3 Cara Menghilangkan Dengkuran Secara Mudah
11/06/2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah

cara mengatasi telinga berdengung

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Beberapa orang pernah mengalami telinga berdengung dan menganggap hal itu karena sedang dibicarakan oleh orang lain di lain tempat. Terlepas dari mitos itu, telinga yang berdengung secara ilmiah disebut sebegai “tinnitus”.

Tinnitus bisa disebabkan oleh hal fisik atau pun penyakit yang tumbuh di dalam tubuh. Secara umum beberapa penyebab telinga berdengung atau tinnitus adalah sebagai berikut. Hal ini harus kita ketahui untuk menentukan cara mengatasi telinga berdengung yang tepat.

Penyebab Telinga Berdengung

penyebab telinga berdengung

1. Mendengar suara yang cukup keras dari jarak yang cukup dekat

Pada beberapa kasus tinnitus, hal tersebut dapat menjadi gejala permanen apabila seseorang mendengar suara keras dalam waktu yang lama.

2. Efek samping obat obatan tertentu

Karena efek samping penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik, aspirin, dan kina yang terlalu banyak atau terlalu lama. Hal tersebut dapat mengganggu saraf yang ada di otak dan berhubungan dengan pendengaran.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Inilah 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Dirumah

3. Karena kekurangan zat besi di dalam tubuh

Cara mengatasi telinga berdengung karena ini tentu mengubah komposisi makanan.

4. Adanya infeksi pada bagian organ telinga.

Apabila infeksi tersebut diobati, maka lazimnya tinnitus juga langsung dapat hilang.

5. Adanya kotoran pada telinga

Adanya kotoran pada telinga yang kemudian menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi pada gendang telinga. Membersihkan kotoran dengan cara yang salah justru bisa mempburuk keadaan.

6. Mengalami cemas atau stres berat

Cara mengatasi telinga berdengung karena ini tentu saja dengan terapi dan mengatur pola makan yang tepat.

7. penurunan pada daya pendengaran

Adanya penurunan pada daya pendengaran karena masalah penuaan, yang biasanya dimulai dari usia 60 tahunan.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini 13 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

8. Adanya tumor

Di bagian kepala atau leher sehingga menyebabkan pembuluh darah di bagian tersebut menjadi tertekan. Tekanan pada pembuluh darah bisa mempengaruhi kenormalan organ yang berhubungan dan juga denyut yang menjadi lebih terdengar.

9. Mengalami tekanan darah tinggi

Mengalami kondisi berupa tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab telinga berdengung. Hal itu karena aliran darah menjadi tidak normal ke beberapa bagian tubuh.

10. Mengalami aterosklerosi

Mengalami aterosklerosis atau kondisi penyempitan pembuluh darah di bagian telinga akibat penumpukan kolesterol. Hal ini terjadi seiring penuaan dan tingginya kandungan kolesterol dalam
tubuh

Sehingga membuat pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan bagian dalam kehilangan elastisitas-nya, yang kemudian menyebabkan aliran darah menjadi lebih kuat sampai terdengar oleh telinga kita sendiri.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Ramuan Alami

11. Penyakit Meniere

Adanya penyakit Meniere atau sebuah gangguan pada tubuh yang diakibatkan tekanan pada area koklea. Selain berdengung, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan gejala berupa pusing atau vertigo, hingga kehilangan pendengaran.

12. Tumbuhnya tumor neuroma akustik

Tumbuhnya tumor neuroma akustik atau sebuah tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial, yang berjalan dari bagian otak ke telinga bagian dalam. Untuk cara mengatasi telinga berdengung yang satu ini, operasi mungkin diperlukan.

cara mengatasi telinga berdengung

4 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah

Berdasarkan penyebab-penyebabnya di atas, cara mengatasi telinga berdengung atau tinnitus yang tepat kemudian dapat ditentukan. Berikut ini adalah cara mengatasi telinga berdengung yang bisa dicoba.

1. Menggunakan pelindung telinga

Cara mengatasi telinga berdengung yang pertama dengan mudah adalah dengan menggunakan pelindung telinga ketika melakukan aktivitas terutama di dekat sumber suara yang cukup keras

Contohnya seperti di dalam studio musik, di ruangan dengan suara mesin berkekuatan besar yang sedang menyala, atau lokasi konstruksi bangunan yang banyak dentuma.

2. Kurangi dan hindari pengunaan earpohone

Mengistirahatkan telinga atau memberi jeda setiap satu jam ketika mengenakan earphone atau alat bantu mendengarkan musik sejenisnya. Hindari menggunakan earphone dengan volume penuh dalam waktu yang cukup lama. Gunakan volume earphone dalam ukuran aman, yaitu kurang dari 60%.

Baca Juga  12 Cara Mengatasi Mata Panda Sesuai Dengan Penyebabnya

3. Melakukan pola hidup sehat

Menjaga kesehatan pembuluh darah dengan cara rutin berolahraga dan mengatur pola makan, cara mengatasi telinga berdengung tersebut membuat kita terhindar dari kuping berdengung akibat gangguan pembuluh darah.

4. Kunjungi dokter THT

Meski tinnitus umum terjadi dan sering kali akan hilang dengan sendirinya, tetapi apabila hal tersebut sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan terasa sangat mengganggu, perlu diperiksakan ke dokter THT.

Itulah tadi uraian singkat mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi telinga berdengung yang sederhana. Cara-cara tersebut dapat juga digunakan untuk mencegah. Harus dipahami bahwa telinga merupakan organ yang sangat sulit ditransplantasi, sehingga kehetannya harus dijaga sejak dini.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *