manfaat jeruk nipis untuk diet
Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet
13/02/2019
cara menghilangkan uban
Lupakan Mencabutnya, Ini 7 Cara Menghilangkan Uban Dengan Alami
13/02/2019

Jangan Khawatir, Ini 13 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

cara mengatasi telat datang bulan

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan – Telat datang bulan bisa menjadi tanda kehamilan. Namun selain itu, telat datang bulan juga dapat terjadi karena siklus menstruasi yang tidak lazim. Hal itu biasanya dikarenakan hormon di dalam tubuh.

Oleh karena itu, perempuan sebaiknya tetap menjaga asupan nutrisi agar hormon-hormon yang dibutuhkan juga tetap tercukupi. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi sebagai cara mengatasi masalah telat datang bulan.

Jangan Khawatir, Ini 13 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

cara mengatasi telat datang bulan dengan alami

Mungkin kebanyakan wanita yang belum menikah seringkali jika datang bulan terlambat yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, akan tetapi jangan khawatir berikut di bawah ini adalah berbagai macam cara mengatasi telat datang bulan dengan cara alami, lalu apa sajakah itu?

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 15 Penyebab Terlambat Haid

1. Jahe

Cara mengatasi telat datang bulansalah satunya bisa menggunakan tanaman hermal asli Indonesia, yaitu jahe. Hal tersebut karena jahe berfungsi untuk meningkatkan atau menormalkan aliran darah.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan jahe. Untuk menikmatkan rasanya, kamu bisa menambahkan asam jawa atau madu. Selain untuk menlancarkan siklus menstruasi, minum air rebusan jahe secara teratur juga akan dapat mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

2. Kunyit

Salah satu bahan yang lebih dikenal sebagai bumbu ini adalah ikon dari obat mengatasi masalah menstruasi. Banyak produk obat dan suplemen pelancar menstruasi menggunakan bahan ini.

Sifat anti-inflamasi dan antispasmodic yang ada pada kunyit juga akan mengurangi kram perut ketika masa menstruasi.

Baca Juga  Sering terlambat Haid? Ini Penyebab dan 7 Cara Memperlancar Haid

3. Biji Ketumbar

Caranya mengolah ketumbar sebagai cara mengatasi telat datang bulan adalah dengan merebus beberapa sendok biji ketumbar yang telah dikeringkan hingga air mendidih. Setelah itu, saring dan ambil air rebusannya saja. Air tersebut dapat diminum 3 kali sehari.

4. Wortel

Selain dikenal sebagai bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan mata, wortel juga berguna bagi perempuan dalam mengatasi telat datang bulan. Dengan meminum jus wortel, siklus menstrusi akan kembali normal.

Jika kamu mencobanya, memang butuh kesabaran. Makan wortel dengan cara mengatur porsi yang seimbang, paling tidak selama tiga bulan.

5. Adas

Adas diklaim dapat meningkatkan atau menormalkan aliran darah. oleh karena itu, adas secara tidak langsung juga akan membantu siklus menstruasi kembali normal. Selain itu, di dalam adas juga terdapat sifat atipasmodic yang dapat mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid.

Baca Juga  Ketahuilah Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Dengan Mudah

6. Biji Wijen

Siapa sangka wiji wijen yang biasanya hanya berguna untuk penyedap rasa dan hiasan pada makanan ternyata juga memberi nutrisi yang penting saat dikonsumsi.

Cara mengatasi telat datang bulan dengan biji wijen adalah dengan merebusnya, kemudian meminum airnya. Lakukan itu setiap pagi ketika kamu belum makan atau dalam keadaan perut kosong.

7. Kayu Manis

Ketika kita mengonsumsi kayu manis, akan ada efek pemanasan suhu tubuh yang ditimbulkan. Hal tersebut menandakan bahwa darah mengalir menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, pada efek lainnya siklus menstruasi akan menjadi lancar.

Di dalam kayu manis juga terdapat kandungan hidroksi siklon yang akan berguna untuk mengatur insulin di dalam tubuh. Insulin ini akan membantu dalam produksi sel darah merah.

cara mengatasi telat datang bulan

8. Pepaya Muda

Kandungan dalam pepaya muda akan berfungsi untuk menguatkan kontraksi otot rahim. Dengan begitu, darah akan menginduksi menstruasi. Kamu tidak perlu memakannya dalam keadaan mentar, bisa melalui olahan.

Baca Juga  Selain Rasanya Manis, Ini 10 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

9. Anggur

Siapa yang tidak suka anggur? Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata anggur juga memiliki anti-osidan yang berguna untuk melancarkan menstruasi. Hal itu karena anggur akan membuat yang mengonsumsi menjadi lebih rileks.

10. Saffron

Salah satu bumbu istimewa dari luar nusantara ini rupanya juga punya khasiat baik sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Caranya adalah dengan merebus saffron dan meminum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari. Sayangnya, harga saffron memang terbilang mahal.

11. Pare

Banyak orang tidak suka makan buah pare karena rasanya yang pahit dan sulit tertutupi. Namun, Anda harus tahu bahwa makan pare sangat efektif sebagai cara untuk mengatasi telat datang bulan

Selain dikonsumsi sebagai olahan sayuran, Anda juga bisa membuat jus pare yang baik Anda minum 1 hingga 2 kali per hari selama beberapa minggu. Nampaknya memang harus punya keberanian khusus untuk yang satu ini.

Karena rasanya yang pahit, buah yang kerap menjadi sayuran ini memang banyak yang menghindari. Tetapi sebenarnya kandungan pare sangat baik digunakan sebagai cara mengatasi telat datang bulan.

Akan lebih baik apabila pare segar dikonsumsi dalam bentuk jus dan diminum setiap hari selama seminggu. Walaupun butuh tekat yang sungguh-sungguh sepertinya ya?

Baca Juga  6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Di Rumah

12. Cuka Sari Apel

Tanpa porsi dan cara yang benar, cuka apel dapat menyebabkan berbagai hal negatif. Namun, apabila kamu hanya menggunakannya sebanyak satu sendok dengan dicampur air mineral, hal itu berguna dalam mengatasi telat datang bulan.

13. Vitamin C

Diketahui bahwa vitamin C dapat mempengaruhi produksi hormon esterogen. Hormon tersebut akan menentukan kelancaran siklus menstruasi. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan seperti jeruk, beri, atau apel sangat penting.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *