anak sering mimisan
Berbahayakah Anak Sering Mimisan? Bagaimana Cara Mengatasinya?
15/12/2018
cara memperlancar haid
Sering terlambat Haid? Ini Penyebab dan 7 Cara Memperlancar Haid
15/12/2018

Ini Dia 4 Cara Mengatasi Kulit Belang Paling Murah dan Ampuh

cara mengatasi kulit belang

Cara Mengatasi Kulit Belang – Memiliki kulit belang setelah mengendarai motor? Hobi berenang di kolam renang terbuka juga bisa menimbulkan kulit belang. Bagaimana cara mengembalikan kulit seperti semula dari belang?

Tentunya para wanita akan menggunakan berbagai lotion untuk kulit belang. Namun menggunakan lotion belum tentu bisa menghilangkan belang dengan cepat.

Baca Juga  Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

Kulit belang akibat mengendarai motor biasanya terdapat pada bagian punggung tangan. Ketika tidak menggunakan sarung tangan bagian pergelangan kulit akan berbeda warnanya dengan punggung tangan. Bisa juga belang terjadi di wajah dan punggung akibat sering berenang. Menggunakan pakaian renang yang terbuka akan membuat sinar matahari mempercepat warna kulit menjadi hitam.

cara mengatasi kulit belang dan kering

Alasan Kulit orang Asia mudah menghitam ketika terkena sinar matahari dibandingkan kulit orang Eropa dan Amerika

Alasannya adalah pigmentasi yang terjadi pada kulit Asia akan memproduksi melanin lebih tinggi dibandingkan kulit orang Eropa dan Amerika. Produksi melanin yang tinggi akan membuat melasma muncul sehingga warna kulit berubah menjadi kehitaman.

Sebelum mengalami belang di kulit sebaiknya lakukan pencegahan. Jika sering mengendarai motor sebaiknya gunakan masker dan sarung tangan bahkan jaket agar kulit tidak terkena sinar matahari langsung. Gunakan juga bahan yang mengandung tretonoin, hydroquinone dan kortikosteroid sehingga memberikan perlindungan pada kulit bahkan membuat kulit bercahaya.

Baca Juga  Ternyata Ini Manfaat Masker Oatmeal Bagi Wajah Wanita

Menggunakan sulfur atau belerang pada kulit secara rutin juga akan membuat kulit terlindungi dengan baik. Bahkan sulfur berkhasiat untuk mengontrol pigmentasi pada kulit orang Asia. Apabila pencegahan sudah dilakukan namun belang di wajah, tangan atau bagian tubuh lainnya masih muncul maka lakukan pengobatan dengan tepat.

mengatasi kulit belang dengan alami
Ini Dia 4 Cara Mengatasi Kulit Belang Paling Murah dan Ampuh

Cara mengatasi kulit belang tidak selalu memerlukan banyak uang. Banyak bahan yang mudah ditemukan dengan harga murah. Hanya saja penggunaan secara rutin diperlukan karena mengembalikan kulit menjadi warna semula tidak bisa secara instan. Apabila menemukan obat yang mampu memutihkan kulit secara instan maka patut dicurigai kandungan di dalamnya bisa saja berbahaya.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan.

1. Mentimun

Timun salah satu jenis sayuran yang bisanya disajikan sebagai lalapan. Timun mengandung banyak vitamin dan mineral yang jika dikonsumsi akan menyegarkan kulit dari dalam tubuh. Namun tidak hanya itu saja, mentimun dapat memulihkan kembali warna kulit yang belang.

Cara menggunakannya adalah bersihkan mentimun dari kulitnya kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan putih telur dan aduk, gunakan mentimun yang sudah dihaluskan sebagai masker kulit dan diamkan selama setengah jam. Bilas dengan air bersih, lakukan cara yang sama tiga kali seminggu.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang telah banyak digunakan orang zaman dahulu. Bahkan beberapa suku pedalaman di Indonesia masih menggunakan kunyit untuk kecantikan kulit. Inilah manfaat yang harus diambil dari kunyit untuk mengembalikan tampilan kulit yang belang. Kunyit mengandung banyak vitamin C sehingga menutrisi kulit dengan baik.

Baca Juga  6 Penyebab Stretch Mark yang Harus Anda Hindari Sejak Dini

Cara menggunakannya adalah ambil 100 gram kunyit cuci bersih kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan air hingga kunyit menjadi bentuk pasta. Oleskan pada area kulit yang belang secara merata dan diamkan selama 20 menit baru dibilas dengan air bersih. Melakukan cara ini setiap dua minggu sekali akan mengembalikan warna kulit dengan cepat.

3. Beras

Masih menggunakan bahan yang banyak digunakan oleh suku di pedalaman Indonesia. Beras adalah bahan lainnya yang digunakan para wanita untuk memutihkan kulit. Bahkan mereka akan menggunakannya setiap hari lhoh. Beras memiliki kandungan vitamin B serta mineral tinggi, memutihkan kulit wajah dengan beras hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja.

Cara mengatasi kulit belang dengan beras adalah menghaluskan beras atau menumbuknya. Pastikan menggunakna beras organik karena memiliki khasiat yang lebih baik. Tambahkan sedikit air agar beras lengket dan mudah digunakan pada kulit. Oleskan pada kulit dan tunggu selama 30 menit. Warna kulit yang belang akan segera memudar dan kembali normal.

4. Pepaya

Pepaya tidak hanya untuk melancarkan pencernaan dan enak dikonsumsi namun juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A dibutuhkan untuk kulit agar menurunkan produksi melanin yang membuat kulit menghitam. Cara menggunakannya cukup mudah cukup haluskan pepaya kemudian balurkan pada bagian kulit yang belang. Tunggu 5 menit kemudian bilas, pepaya aman juga digunakan sebagai masker wajah.

Ketika merawat kulit yang belang perhatikan juga bahan yang tidak boleh digunakan. Jangan gunakan bahan asam seperti air jeruk lemon, cuka apel, atau jeruk nipis. Bahan tersebut tidak akan menurunkan produksi melanin pada kulit.

Justru sesudah menggunakan perawatan dengan bahan asam tersebut kemudian kulit terkena sinar matahari akan membuat kulit semakin menghitam. Kadar asam akan memicu produksi melanin pada kulit semakin tinggi. Jadi perhatikan baik-baik walaupun murah pastikan bahan yang digunakan sudah sesuai.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *