vitamin penambah nafsu makan anak
4 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Serta Cara Memilihnya
15/02/2019
manfaat ikan gabus
Ragam Manfaat Ikan Gabus Untuk Kecantikan Hingga Diabetes
16/02/2019

10 Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Ramuan Alami

cara mengatasi kram perut

Cara Mengatasi Kram Perut – Mengalami kram perut pasti tidak menyenangkan, walau bukan termasuk kedalam penyakit berbahaya akan tetapi kram perut akan menggangu aktivitas sehari-hari.

Kram perut bisa terjadi mendadak, perut tiba-tiba menjadi terasa kaku dan nyeri. Kram pada perut ini bisa disebabkan oleh dehidrasi, otot tegang, faktor makanan, gangguan pencernaan, ataupun radang di bagian perut.

10 Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Ramuan Alami

cara mengatasi kram perut dengan alami

Kalau sudah tahu apa penyebabnya, kamu akan bisa menentukan langkah yang tepat untuk menanganinya. Nah, Kali ini kami akan berbagi tips serta cara mengatasi kram perut dengan beberapa strategi alami.

1. Air kelapa

Air kelapa yang mudah ditemukan di sekitar kita ternyata bisa menjadi obat alami yang manjur dalam mengatasi kram perut.

Ini karena kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dapat mengurangi sakit yang ditimbulkan kram perut maupun kejang otot. Caranya sangat mudah, kita tinggal minum 2 gelas air kelapa setiap 6 jam sekali.

Baca Juga  5 Manfaat Air Kelapa Hijau dan Khasiat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

2. Kayu manis

Kayu manis ampuh mengatasi kram perut karena kaya akan antioksidan, diantaranya linalool, eugenol, dan cinnamaldehyde.

Caranya adalah dengan memarut batang kayu manis hingga berbentuk serbuk. Kita bisa mengkonsumsi serbuk kayu manis dengan menambahkannya ke dalam masakan. Atau kita bisa juga mencampur serbuk kayu manis dengan air hangat dan mengkonsumsi dalam bentuk teh. Minum teh kayu manis ini 2-3 kali sehari.

3. Perbanyak minum air putih

Minum air putih memang menjadi kunci kesehatan tubuh, salah satunya khasiatnya adalah meredakan kram perut.

Memperbanyak minum air putih ternyata mampu mengurangi kadar asam lambung, sehingga akan meredakan nyeri yang ditimbulkan kram perut.

4. Air beras

Air tajin atau air yang tersisa setelah memasak nasi sejak dulu dipercaya berkhasiat dalam pengobatan, salah satunya adalah untuk mengatasi kram perut. Ketika menanak nasi, lebihkan airnya. Ketika nasi sudah tanak, pisahkan kelebihan airnya. Kita bisa minum air tajin tadi dan tambahkan madu untuk menambah rasa.

5. Jahe

Jahe merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain biasa dmanfaatkan untuk menghilangkan capai dan pegal-pegal, jahe juga mampu meredakan nyeri akibat kram perut. Bahan kimia alami pada jahe mampu mengendurkan otot-otot perut sehingga meringankan kram perut dan sakit perut.

Baca Juga  Selain Menghangatkan Tubuh, Inilah 5 Manfaat Wedang Jahe

Caranya sangat mudah, kita bisa membuat irisan akar jahe tipis-tipis, dan langsung mengunyahnya. Kalau tidak kuat dengan aromanya, kita bisa merebusnya lalu minum air rebusan jahe tersebut.

Atau kita bisa memotong beberapa jahe dan menambahkan ke teh panas. Banyak cara mengkonsumsi jahe kan?

6. Cuka apel

Cuka apel tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, tapi berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya mampu mengatasi kram perut yang diakibatkan oleh gangguan pencernaan. Sifat antibakteri pada cuka apel mampu membersihkan bakteri jahat yang mengganggu saluran pencernaan.

Untuk mengkonsumsinya, kita bisa mencampurnya dengan air hangat dan madu. Lebih baik jangan meminum langsung karena sifat asamnya yang sangat kuat dan juga bisa merusak gigi.

7. Cengkeh

Kalau kram perut yang timbul disebabkan oleh gangguan pencernaan, maka kita bisa menggunakan cengkeh untuk mengatasinya. Zat yang terkandung pada cengkeh mampu melancarkan pencernaan, sehingga bisa mengurangi kram perut. Caranya adalah dengan mencampur 1-2 sendok bubuk cengkeh dan 1 sendok madu lalu dikonsumsi 1 kali sehari sebelum tidur.

Baca Juga  5 Masker Buah Naga Untuk Menambah Kencantikan Wanita

penyebab kram perut

8. Yogurt

Untuk mengurangi kram perut yang disebabkan gangguan pencernaan, cobalah mengkonsumsi yogurt. Produk olahan susu yang mengandung bakteri akan membantu lancarnya proses pencernaan di dalam tubuh. Cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi yogurt murni tanpa tambahan gula. Untuk menambah rasa, kita bisa menambahkan dengan sedikit madu.

9. Kompres perut dengan air hangat

Ini merupakan cara mengatasi kram perut yang biasa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Kamu bisa lakukan mengompres perut dengan botol air hangat atau dengan handuk hangat. Suhu hangat akan merelaksasi otot perut sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan akan berkurang

10. Istirahat yang cukup

Kalau kram perut disebabkan karena otot tegang, cobalah untuk mengurangi aktivitas fisik dan istirahat yang cukup. Cara sederhana ini bisa mengurangi ketegangan otot dan menghilangkan rasa kaku di perut.

Cara mengatasi kram perut tadi sangat disarankan untuk pengobatan awal serta akan mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul. Kram perut biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 hari saja. Jika kram perut tidak bisa sembuh dalam 2 hari, kamu bisa menghubungi Dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga  Penampilanmu Gak Ramping Lagi? Ini Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Selain melakukan pengobatan alami di atas, hendaknya hindari makanan yang bisa menambah nyeri perut seperti makanan pedas, berlemak, minum kopi, teh, ataupun minuman berkarbonasi. Nah, semoga bermanfaat dan sehat selalu ya!!

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *