cara memutihkan gigi dengan kulit pisang
Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang
20/08/2018
cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis
Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis
23/08/2018

Cara Mengatasi Gigi Ngilu atau Sensitif

cara mengatasi gigi ngilu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu – Gigi ngilu atau gigi sensitif tetunya sangat mengganggu untuk beberapa aktivitas seperti saat meminum minuman dingin atau membersihkan mulut.

Gigi akan menjadi lebih sensitif pada saat lapisan gigi atau disebut dentin (saluran yang berisi serabut-serabut saraf) terekspos ke bagian luar gigi, yang disebabkan oleh pada contohnya akibat kerusakan enamel. Jadi, pada saat dentin terkena dengan dingin, panas, atau makanan, maka bisa secara otomatis serabut saraf dapat juga terpapar sehingga menyebabkan rasa ngilu.

Guna mencegah terjadinya gigi ngilu atau memperparah kondisi gigi, alangkah baiknya Anda memahami penyebab dari gigi ngilu atau sensitif. Penyebab gigi ngilu atau senstif ini ada beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :

Tidak hati-hati pada saat gosok gigi

Menggosok gigi menjadi hal yang rutin untuk dilakukan demi menjaga kesehatan gigi. Namun menggosok gigi juga dapat menjadi aktivitas yang dapat membuat gigi bermasalah dan merasa ngilu karena cara menggosok gigi yang terlalu ditekan dan menggosoknya terlalu kencang.

Memilih Sikat Gigi yang Salah

Salah dalam memilih sikat gigi juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu. Sikat gigi yang tidak dianjurkan adalah sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang kasar dan keras. Jenis sikat gigi ini dapat membuat gusi luka yang mampu mengakibatkan gigi ngilu.

Diet makanan

Konsumsi makanan juga harus diperhatikan untuk mencegah gigi sensitif. Dalam mengonsumsi makananseharusnya menghindari makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi, terlalu dingin ataupun panas sehingga mengakibatkan lapisan gigi terkikis.

mengatasi gigi ngilu

Menggunakan pasta gigi dengan pemutih

Pasta gigi dengan pemutih ternyata mengandung bahan kimia yang terkadang terlalu keras, ini bsia mengakibatkan rusaknya permukaan gigi. Oleh karena itu pertimbangkan jika Anda ingin menggunakan pasta gigi yang mengandung zat pemutih, alangkah baiknya kembali menggunakan pasta gigi yang biasa atau lebih baik lagi menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Baca Juga  Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Sering berkumur-kumur dengan obat

Obat kumur juga ternyata mengandung zat keras, seperti alkohol dan mungkin saja ada bahan kimia lainnya yang membuat gigi Anda sensitif. Pengganti obat kumur lainnya yaitu bisa memakai benang gigi dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip diantara gigi yang mungkin sulit dijangkau oleh sikat gigi pada umumnya.

Faktor usia

Seiring dengan usia Anda yang bertambah, Anda mungkin saja mengalami penyakit gusi yang dapat berakibat sensitivitas pada gigi. Untuk menghindari hal ini, alangkah baiknya Anda membiasakan diri untuk rutin periksa gigi ke dokter gigi.

Adanya plak yang menumpuk

Plak yang menumpuk pada gigi dapat berakibat lapisan enamel gigi hilang. Hilangnya lapisan enamel ini akan membuat sigi Anda menjadi lebih sensitif. Untuk menghilangkan plak gigi Anda dapat menjalani perawatan gigi secara harian dan mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali atau lebih sering dari itu jika perlu.

masalah gigi

Adanya gigi berlubang dan pembusukan pada gigi

Gigi yang berlubang dan adanya pembusukan bisa menimbulkan rasa ngilu yang hebat, dan rasanya lebih ngilu dibandingkan dengan hanya sekadar gigi sensitif. Guna mengatasi hal ini Anda perlu memeriksa gigi Anda ke dokter gigi untuk mendiagnosa pengobatan yang tepat untuk anda, misalnya seperti melakukan tambal gigi.

Setelah kita mengenal beberapa penyebab di atas yang dapat menyebabkan gigi ngilu atau sensitif. Simpulan dari pembahasan di atas berikut di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi gigi ngilu :

  1. Menghindari penggunaan pasta gigi dengan pemutih dan mulai menggunakan ke pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif.
  2. Menggunakan bulu sikat gigi yang lembut.
  3. Selalu menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin setidaknya dua kali sehari selama 2-3 menit.
  4. Membersihkan gigi dari makanan yang terselip dengan benang gigi.
  5. Selalu sikatlah gigi dengan benar dan tepat. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan memegang sikat gigi pada sudut 45 derajat dan dalam proses pembersihannya sikat perlahan dengan gerakan melingkar, serta tahan sikat gigi di ujung jari bukan di telapak tangan Anda.
  6. Menghindari minuman dan makanan yang terlalu asam, panas atau dingin.
  7. Menhindari menggosok gigi terlalu sering dan kasar
  8. Menghindari kebiasanan menggeretak gigi yang dapat memicu gigi retak dan akhirnya menjadi sensitif.
  9. Membatasi makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti minuman yogurt, soda, dan jeruk asam. untuk menetralkannya minumlah air putih mineral untuk menormalkan kadar asam di mulut.
  10. Menghindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan asam. Karena bahan asamakan membuat email gigi menjadi lebih lunak sehingga akan mudah terkikis saat disikat.
  11. Pergilah secara rutin ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi anda. Disarankan lakukan setiap 6 bulan sekali atau sesuai dengan jadwal telah disarankan oleh dokter anda.
Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri dan Cara Mudah Mengatasinya

Demikian di atas adalah beberapa cara mengatasi gigi ngilu dan informasi tentang penyebab dari gigi ngilu. Dengan menerapkan beberapa cara di atas semoga dapat mengurangi dan mencegah gigi ngilu yang saat ini menyiksa Anda.

Jika Anda masih merasakan gigi ngilu padahal sudah menerapkan beberapa cara di atas, alangkah baiknya segera konsultasikan masalah gigi Anda ke dokter gigi. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung serta membaca.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *