bahasa jerman dasar
Bahasa Jerman Dasar Adalah Kunci Belajar Bahasa Jerman
12/01/2019
merek mobil asal jerman
Ini Dia 4 Merek Mobil Asal Jerman yang Mendunia dan Berkulitas
14/01/2019

10 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan Mudah

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online – Semenjak Asuransi Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), Asabri dan beberapa perusahaan BUMN asuransi dilebur menjadi satu. Menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Maka, pelayanan seluruh asuransi negara dan masyarakat umum disatukan ke dalam BPJS Ketenagakerjaan. Peleburan badan usaha ke dalam satu bentuk satu atap merupakan amanat undang-undang. Kemudian diimplementasikan melalui sebuah keputusan presiden.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan dan Keuntungannya

Landasan filsafah melebur badan usaha ketenagakerjaan adalah memperluas universal coverage. Jadi seluruh warga masyarakat bisa bergabung dalam satu jaminan sosial. Dimana jaminan sosial ini bisa memberikan jaminan dalam bentuk paska kerja. Salah satunya adalah jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Dua jaminan ini memberikan kesempatan kepada pekerja untuk hidup di masa tua dengan tenang tanpa memikirkan kesulitan keuangan.

Sementara jaminan sosial selain paska kerja. Adalah jaminan sosial saat bekerja dan bagi keluarga pekerja. Jaminan sosial yang dimaksud adalah jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Jaminan kecelakaan kerja merupakan perlindungan pekerja yang diberikan jika terjadi kecelakaan saat bekerja. Jaminan ini juga meliputi jaminan pengobatan sampai sembuh dan tali kasih jika terjadi kematian akibat kecelakaan kerja.

Jaminan kematian merupakan jaminan bagi keluarga pekerja

Sementara jaminan kematian merupakan jaminan bagi keluarga pekerja. Jika terjadi kejadian pekerja meninggal secara normal. Maka keluarga pekerja akan mendapat tali kasih dan jaminan pendidikan. Jaminan kematian ini berusaha melindungi tulang punggung keluarga.

Sehingga ketika tulang punggung keluarga (yang menjadi pekerja tadi meninggal dalam keadaan normal). maka BPJS Ketenagakerjaan bisa memberikan santunan untuk keluarga dan anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan.

Jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Merupakan jaminan sosial yang dibayar melalui potongan gaji ketika anda bekerja. Bagi pekerja yang bergabung dengan perusahaan. Maka iuran potongan berbagi antara pemberi kerja dengan pekerja. Sementara bagi anda yang bekerja mandiri dan bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan. Iuran akan ditetapkan sendiri oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk saat ini, BPJS Ketenagakerjaan juga membuka jaminan sosial seperti di atas untuk para pekerja migran di luar negeri (TKI dan TKW). Harapannya ketika terjadi kecelakaan kerja. Terdapat jaminan sosial yang melindungi mereka. Termasuk ketika mereka kembali ke Indonesia ketika masa pensiun.

Syarat-syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan

Di antara keempat jaminan tersebut. Hanya jaminan hari tua dan jaminan pensiun yang merupakan saldo tabungan. Sisanya adalah asuransi. Sehingga hanya saldo jaminan hari tua dan jaminan pensiun yang bisa dicairkan.

Apabila anda mengikuti jaminan sosial berbentuk jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Maka anda bisa mencairkan saldo jaminan tersebut sewaktu-waktu sesuai dengan persyaratannya, lalu bagaimanakah cara mencairkan saldo BPJs ketenagakerjaan online?

Baca Juga  Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online Dengan Mudah

Sebelum berencana mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Anda harus perhatiakan syarat-syarat bisa mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan:

1.Telah mengundurkan dari pekerjaan dengan masa tunggu 1 bulan.

2.Telah memasuki usia pensiun

3.Telah bekerja selama sepuluh tahun.

Lalu berapa persen dana BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diambil?

Pencairan hanya bisa memilih 10%, atau 30% atau seluruhnya 100%. Pencairan 10% dan 30% bisa diperuntukkan bagi mereka yang telah lama bekerja lebih dari sepuluh tahun. Alokasi 30% adalah bantuan untuk kresit perumahan. Sementara 100% hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah pensiun dan berhenti kerja.

Dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk cara mencairan BPJS online?

1.Kartu Tanda Penduduk, difotovopy

2.Kartu Keluarga, difotocopy semua data di KTP harus sama dengan di KK

3.Surat Paklaring, atau surat pernyataan dari perusahaan sebelumnya bahwa anda sudah berhenti bekerja atau pensiun.

4.Kartu BPJS Ketenagakerjaan, difotocopy

5.Buku Rekening Tabungan sesuai nama di Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Pengajuan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online untuk Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan di perwakilan daerah di seluruh Indonesia. Atau anda bisa melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online.

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan
Bagaimanakah Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online?

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online melalui sistem online. Atau melalui internet dan bisa dilakukan di mana saja (di rumah, di kantor, atau bahkan saat anda sedang berlibur di luar negeri).

1.Pertama

Siapkan komputer meja atau laptop dengan sambungan internet.

2.Kedua

Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan di atas. Seperti KTP, KK, Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Serta buku rekening tabungan bank-bank besar seperti BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

3.Ketiga

Buka website e-klaim BPJS Ketenagakerjaan: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim.

4.Keempat

Kemudian isi data KTP, KPJ yang tertera di Kartu BPJS, alasan klaim, nomor ponsel untuk mendapat verifikasi PIN, alamat email.

5.Kelima

Anda akan mendapat PIN untuk mengisi formulir selanjutnya seperti upload scan semua dokumen yang diminta hingga mengisi no rekening, kantor cabang yang berada di wilayah terdekat dengan anda.

6.Keenam

Anda tinggal menunggu konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Ketika sudah mendapat konfirmasi anda akan dipanggil ke kantor untuk proses pencairan.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan dan Keuntungannya

7.Ketujuh

Anda siapkan semua dokumen yang diminta atau yang telah diupload berbentuk asli fisik dan fotokopinya.

8.Kedelapan

Ke kantor BPJS Ketengakerjaan lewat jalur antrian online. Atau anda bisa memesan nomer antrian di BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi app store antri kantor bpjs ketenagakerjaan.

9.Kesembilan

Ketika sudah dipanggil, maka Anda akan diminta menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan fotokopiannya. Kemudian akan diproses pencairannya sekitar 10 hari kerja.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *