Tes Buta Warna Tersulit Untuk Mendeteksi Jenis Buta Warna
08/08/2018
Tambal Gigi Permanen: Pengertian dan Manfaat
08/08/2018

Cara Menaikan Trombosit dengan Mudah

menaikan trombosit

Cara Menaikan Trombosit – Seperti yang kita tahu, tubuh manusia terdiri dari banyak air. Sekitar 75% dari tubuh kita terdiri dari air. Kandungan air di tubuh kita dengan jumlah besar tersebut salah satunya disumbangkan dari darah.

Darah yang mengalir di dalam tubuh manusia terdiri dari 3 jenis, ada darah putih, darah merah, dan keping darah atau biasa kita kenal dengan trombosit. Setiap jenis darah memiliki tugasnya masing-masing.

Secara umum, sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut gizi dan oksigen ke seluruh tubuh, sedangkan sel darah putih berfungsi sebagai penjaga daya tahan tubuh.

Lalu, apa fungsi trombosit? Trombosit berfungsi untuk membekukan darah sehingga saat kita terluka darah tidak terus mengalir.

Begitu pentingnya 3 bagian darah tersebut membuat kita harus menjaga jumlahnya agar tetap dalam kisaran normal. Walaupun demikian, ada kalanya bagian darah kita berkurang.

Lalu, bagaimana cara menaikan kembali ke kisaran normal? Ulasan kali ini membahas penyebab menurunnya trombosit darah dan bagaimana cara menaikan trombosit yang dapat dilakukan.

cara menaikan trombosit

Trombosit Rendah

Kondisi trombosit rendah disebut juga dengan trombositopenia. Kondisi ini dapat terjadi baik pada anak-anak maupun dewasa.

Penyebab dari terjadinya kondisi ini yang utama adalah karena produksi trombosit dalam tubuh yang rendah atau karena proses penghancuran trombosit dalam tubuh yang lebih cepat dibandingkan kecepatan produksinya.

Hal di atas dapat terjadi atau dipicu oleh banyak faktor. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kedua hal tersebut di atas diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pengidap penyakit kanker jenis tertentu
  2. Sedang menjalani proses penyembuhan kanker dengan radioterapi dan atau kemoterapi
  3. Adanya kelainan dalam darah
  4. Terjadi infeksi alam darah yang disebabkan oleh virus atau bakteri
  5. Konsumsi alkohol
  6. Terpapar oleh zat kimia beracun dalam jangka waktu yang lama
  7. Terjadinya kondisi auto imun
  8. Mengonsumsi jenis obat tertentu.
Baca Juga  Mengenal Penyakit Chikungunya Lebih Dalam

Faktor di atas menjadi pemicu terjadinya kekurangan trombosit. Beberapa faktor menyebabkan produksi trombosit yang menurun dan beberapa faktor lainnya memicu percepatan perombakan trombosit sehingga proses perombakan lebih cepat dibandingkan dengan pembentukan.

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab kekurangan trombosit dan faktor apa saja yang kemungkinan dapat menjadi faktor pemicunya, kini saatnya kita mengetahui mengenai apa saja efek yang akan terjadi bagi pasien yang menderita kekurangan trombosit.

Bagi Anda yang mengalami kekurangan trombosit, ada beberapa efek yang akan Anda rasakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mudah merasa lelah
  • Mengalami pendarahan seperti muncul darah pada urine dan saat buang air besar, serta mengalami menstruasi secara berlebihan
  • Mudah memar dan tidak kunjung sembuh
  • Terjadi pembengkakan pada limpa
  • Terjadi bintik merah di kulit
  • Mengalami sakit kuning.

Walaupun demikian, sebenarnya, kondisi kekurangan trombosit biasanya tidak menunjukkan gejala yang jelas atau bahkan tidak memiliki gejala sama sekali.

Gejala yang kemungkinan terlihat sangat jelas adalah terjadinya pendarahan yang tidak kunjung sembuh karena kekurangan trombosit membuat darah sulit membeku.

trombosti rendah

Cara Menaikan Trombosit

Kekurangan trombosit memang akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Terutama jika sudah semakin parah.

Sebenarnya, ada banyak cara sederhana yang dapat digunakan untuk menaikan trombosit. Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Istirahat

Cara paling mudah untuk mengembalikan jumlah trombosit dalam kisaran normal yang pertama adalah istirahat dengan cukup. Pastikan Anda melakukan istirahat dengan cukup dan menghindari kerja yang membuat Anda kelelahan.

Usahakan untuk tidur dengan cukup sekitar 7 sampai dengan 8 jam sehari. Hal ini akan membuat produksi trombosit dalam tubuh Anda kembali normal. Hal ini karena kerja organ tubuh dapat kembali bekerja dengan normal dengan istirahat yang cukup.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

Cukupi kebutuhan air

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, tubuh kita sebagian besar tersusun dari air.

Oleh sebab itu, agar tubuh dapat kembali bekerja dengan normal, memenuhi kebutuhan air menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Konsumsi air yang cukup dapat membantu meningkatkan produksi trombosit dalam darah.

Jangan lakukan kegiatan yang dapat memicu pendarahan atau luka

Sudah dibahas sebelumnya bahwa trombosit adalah bagian darah yang berfungsi untuk membekukan darah. Oleh karenanya, saat Anda mengalami kekurangan trombosit, baiknya hindari kegiatan yang akan memicu pendarahan atau luka.

Hal ini untuk menghindari kehilangan darah yang banyak karena darah tidak dapat membeku sehingga terus keluar dari tubuh kita. Selain menghindari kegiatan pendarahan luar, Anda juga harus menghindari kegiatan yang menyebabkan pendarahan dari dalam tubuh.

Hindari obat yang dapat menghambat produksi trombosit

Salah satu faktor pemicu terjadinya kekurangan trombosit adalah karena mengonsumsi jenis obat tertentu. Obat tersebut adalah obat yang dapat menghambat kinerja dan produksi trombosit.

Adapun jenis obat yang memiliki efek tersebut diantaranya adalah ibuprofen dan aspirin. Jadi hindari konsumsi obat tersebut sementara waktu saat Anda sedang mengalami penurunan trombosit agar produksi trombosit tidak terhambat.

Makanan untuk menaikan trombosit

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang dapat menaikan trombosit seperti aneka sayur hijau, buah-buahan, makanan yang mengandung asam folat, vitamin B12, dan omega 3.

Nah, itu tadi bahasan mengenai penyebab dan faktor pemicu kekurangan trombosit dan cara menaikan trombosit yang dapat dilakukan.

Sangat sederhana dan mudah bukan? Jika kekurangan trombosit Anda cukup parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk transfusi darah agar trombosit dapat naik dengan cepat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *