masalah pria
7 Makanan Penyubur Sperma Penting untuk Para Pria
29/08/2018
shampo pemanjang rambut
Inilah 6 Shampo Pemanjang Rambut Paling Recomended Untuk Wanita
29/08/2018

6 Cara Memperbesar Otot Dada Anda Hari Ini

angkat beban

Cara Memperbesar Otot Dada – Otot dada yang besar menjadi kebanggaan oleh banyak pria. Pasalnya otot dada memberikan kesan macho dan terlihat lebih seksi pada pria. Untuk mendapatkan otot dada yang diinginkan sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke gym atau melakukan berbagai olahraga berat lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut cara mudah untuk memperbesar otot dada :

Melakukan Chair Dips

Chair dips adalah latihan untuk membentuk otot dada yang sangat simpel yang bisa Anda lakukan. Chair dips terbukti dapat membentuk otot trisep dan otot bahu.

Sebagaimana namanya Chair yaang berarti kursi, memang untuk melakukan olahraga ini harus mengguankan bantuin kursi. Berikut adalah cara melakukan chair dips :

  1. Posisikan kedua tangan selebar bahu pada kursi.
  2. Angkatlah badan secara perlahan lahan dengan tangan yang berada di kursi.
  3. Tekuklah lutut ke arah belakang, lalu kemudian turunkan tubuh secara perlahan.
  4. Ulangilah langkah di atas sebanyak 15 kali dan dilakukan dalam 4 set.

Melakukan Plyometric Push Up

Gerakan dari plyometric push up pada dasarnya hampir sama dengan gerakan push up pada umumnya. Namun, yang membedakannya dari push up adalah di plyometric push up adanya tambahan gerakan dorongan melompat dengan menggunakan tangan pada setiap gerakan push up.

Manfaat melakukan plyometric push up adalah dapat membentuk dada berotot dan melatih otot lengan. Cara untuk melakukan plyometric push up adalah sebagai berkut :

  1. Posisikan tubuh Anda seperti pada posis push up.
  2. Doronglah tubuh Anda ke atas dengan kedua tangan.
  3. Tambahkan gerakan mendorong tubuh seperti akan melompat dengan tangan pada saat tubuh di atas.

Melakukan Rotation Push Up

Sebagamana namanya, Rotation push up juga memiliki gerakan dasar yang sama dengan push up. bedanya adalah pada rotation push up terdapat gerakakan tangan yang naik turun secara bergantian dengan tangan kanan dan kiri. Cara melakukan rotation push up adalah sebagai berikut:

  1. Posisikan tubuh Anda seperti pada posis push up.
  2. Gunakanlah awalan dari atas dengan kedua tangan yang tegak.
  3. Tekuk tangan kanan dan kiri secara bergantian dengan tangan yang lain menahan beban tubuh.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah di atas sebanyak 10 kali dalam 3 set secara rutin.
Baca Juga  6 Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

Melakukan Pull Up

Pull Up juga terbukti cukup efektif sebagai cara memperbesar otot dada dan otot lengan. Selain otot dada dan lengan, kegiatan pull up ternyata juga dapat membantu melatih otot punggung.

Untuk melakukan pull up Anda harus menyediakan sebuah palang. Lebih lanjutnya berikut ini adalah cara melakukan pull up yang benar :

  1. Posisikan tubuh di bawah palang yang sudah disediakan.
  2. Genggamlah palang di atas tubuh dengan kedua tangan.
  3. Angkatlah tubuh hingga sejajar bahu dengan palang secara perlahan.
  4. Tahanlah beberapa saat diposisi tubuh terangkat, lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah di atas sebanyak 20 kali dalam 3 set secara rutin.

Melakukan Flat Bench Press

Flat bench press adalah cara membentuk otot dengan media kursi panjang datar. Selain itu Anda pun juga dapat menggunakan alat bantu barbell atau dumbell sebagai meda pendukung. Cara melakukan flat bench press adalah sebagai berikut :

  1. Berbaringlah pada bangku panjang yang telah disediakan dengan punggung rata.
  2. Genggamlah stick barbell dengan telapak tangan yang menghadap keluar.
  3. Tumpu kan lah kedua kaki di atas tanah.
  4. Usahakan kepala tetap rileks.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah di atas sebanyak 10 kali dalam 3 set secara rutin.

cara memperbesar otot dada

Melakukan Cable Crossover

Cable crossover merupakan salah satu dari bentuk latihan yang biasa dijumpai di gym maupun training center. Latihan ini terbukti dapat membentuk otot dada, otot lengan trisep, otot punggung dan juga otot bahu. Berkut cara melakukan latihan cable crossover :

  1. Berdiri dengan posisi tubuh agak condong ke arah depan dan punggung tegak.
  2. Kaki kanan dimajukan ke depan.
  3. Posisikan lengan dibuka sambil memagang crossover handle.
  4. Sejajarkanlah siku dengan bahu.
  5. Tekuklah lengan sedikit sampai membentuk sudut.
  6. Satukanlah lengan didepan dada.
  7. Sudut dari lengan sedikit ditekuk.
  8. Posisikan lengan disatukan di depan dada secara bergantian atau juga bisa dilakukan secara bersamaan.
  9. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah di atas sebanyak 20 hingga 30 kali.
Baca Juga  11 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Alami

Dalam melakukan beberapa latihan di atas untuk cara memperbesar otot dada, Anda juga wajib memperhatikan hal-hal brikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal :

Melakukan latihan dengan maksimal

Dalam melakukan latihan Anda harus maksimal dalam berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula. Dalam hal ini Anda harus mengetahui batas kemampuan Anda, dan menghindari memaksakan diri melampaui kapasitas diri. hal ini untuk menghindari adanya cidera pada tubuh.

Melakukan latihan dengan menghindari latihan yang berlebihan (overtraining)

Dalam melakukan latihan yang paling tepat adalah selain latihan yang maksimal juga perlu memerikan waktu untuk otot tumbuh dan juga waktu untuk otot istirahat. Waktu yang ideal untuk latihan adalah 2 kali dalam seminggu secara rutin.

Melakukan latihan dengan benar

Sangat penting untuk melakukan latihan dengan benar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu penting untuk Anda praktikkan cara-cara di atas dalam berlatih.

Mengkonsumsi makanan yang baik untuk pembentukkan otot

Makanan yang baik jua tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi Anda yang ingin membesarkan otot dada. Pola hidup yang sehat dengan pola makan yang seimbang dan teratur ternyata sangat berpengaruh bagi pembentukan otot.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi yang sangat baik bagi pembentukan otot, diantaranya adalah sebagai berikut :

Makanan di atas dapat Anda terapkan untuk konsumsi keseharian untuk menu sarapa, makan siang, bahkan snack dengan anjuran sebagai berikut :

Menu makanan yang terdapat di atas bisa diseuaiakan dengan kebutuhan ddan bersifat tidak mengikat. Usahakan selalu penuhi bobot gizi yang mirip atau sesuai dengan menu diatas. Anjuran lain adalah makan 5 hingga 6 kali sehari dalam porsi kecil. Hal ini sangat bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh Anda.

Nah, itu di atas adalah pembahasan terkait cara membesarkan otot dada. Selain latihan yang konsisten, alangkah baiknay Anda juga perlu untuk memperhatikan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *