Anyang-anyangan: Penyebab, Cara Penanganan, dan Maksudnya
13/09/2018
pengertian senam lantai
Pengertian Senam Lantai, Sejarah, dan 3 Gerakan Dasarnya
14/09/2018

Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

cara membuat slime dari bedak bayi

Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi – Ada banyak sekali aspek yang terpengaruh oleh kemajuan zaman, bahkan untuk urusan mainan anak-anak. Dulu, anak-anak Indonesia biasa mendapat mainan tradisional yang berbahan alam seperti kayu atau daun. Namun, hari ini mainan anak-anak telah semakin variatif baik dalam segi bahan hingga kegunaan.

Masyarakat barat nampaknya menjadi masyarakat yang paling unggul memikirkan pembaharuan pada mainan anak-anak. Bahkan mainan yang awalnya hanya untuk anak-anak, kemudian diminati oleh lintas umur karena memang amat menarik. Seiring gaya hidup yang diadopsi, mainan-mainan tersebut pun menyebar ke berbagai negara, termasuk daerah.

Kita mengenal mainan seperti mobil remote control, senapan air, dan kini populer satu lagi mainan yang bernama slime. Slime adalah mainan berupa benda kenyal berwarna-warni. Seperti namanya, slime memang berbentuk menyerupai lumpur andai saja warnanya adalah cokelat kehitaman.

cara membuat slime dari bedak bayi

Apakah Slime Itu?

Slime mulai terkenal di Indonesia pada sekitar tahun 2005 melalui acara anak-anak yang diadakan oleh rumah produksi dari Amerika. Pada kala itu, slime digunakan sebagai bahan untuk menghukum seseorang yang kalah dalam game tertentu. Caranya adalah dengan mengguyurkan slime berwarna hijau ke tubuh seseorang yang kalah tersebut.

Pada saat itu, slime hijau merepresentasikan sesuatu yang menjijikan. Namun, siapa menyangka bahwa kemudian slime menjadi populer sebagai mainan yang menyenangkan untuk disentuh dan dibentuk seperti clay. Selanjutnya, slime pun dimodifikasi menjadi berwarna-warni dan dijual sebagai mainan.

Baca Juga  Aplikasi Pengusir Nyamuk Nakal Ini Bisa Kamu Download Sekarang Juga

Dalam perkembangannya, slime tidak hanya untuk mainan anak-anak. Namun, slime dapat dijadikan pengganti tanah liat bagi para seniman serta dapat juga digunakan untuk membersihkan debu pada peralatan yang memiliki celah sempit. Pada industri mainan seperti action figure, slime digunakan sebagai bahan pelindung menggantikan plastik gelembung.

Mengesampingkan apakah anak kita diajak untuk meneruskan permainan tradisional atau tidak, slime memang baik bagi anak untuk merangsang kreativitas. Melalui slime, anak-anak diajak membuat bentuk-bentuk unik. Namun, karena mainan yang satu ini menjadi mainan yang bersentuhan langsung pada tubuh anak-anak, bagaimana soal keamanannya?

Dalam produk slime selalu ada komposisi bahan pembentuknya. Namun, banyak orang yang asing dengan bahan tersebut. karena hal itu kemudian banyak orang yang memikirkan untuk membuat slime sendiri dengan bahan yang terpercaya sehingga aman bagi anak-anak.

Nah, jika Anda juga berpikiran demikian, kami punya tips cara membuat slime dari bedak bayi. Kenapa bedak bayi? Nanti kami beri alasan. Bedak bayi tersebut tentu harus dicampur dengan bahan-bahan lain. Untuk kombinasi bahan bedak bayi, simak terus artikel ini, ya!

cara membuat slime dari bedak bayi
Begini Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Sebelum membuat slime, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang slime. Kami berusaha menjabarkannya dengan singkat dan jelas untuk Anda. Pada dasarnya, slime memiliki dua unsur pokok, ibaratkan resin dan katalis.

Bahan utama membuat slime bisa berupa bubuk apa saja, misalnya tepung atau yang lainnya. Namun untuk mengambil sifat bersih bakteri, tidak mudah berjamur, dan beraroma harum, sebaiknya kita menggunakan bedak bayi. Bahan utama ini memang penting, tetapi yang lebih penting adalah aktivatornya.

Baca Juga  Jangan Panik, Begini 5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Aman

Kita ketahui bahwa slime yang baik memiliki sifat kenyal namun kuat, tidak mudah putus, tidak lengket namun memiliki daya hisap, dan tentu tidak banyak berbekas. Nah, untuk mendapatkan sifat-sifat itu, kita memerlukan unsur aktivator atau slime activator atau juga disebut sebagai slime act. Di sinilah kecemasan pada aman atau tidak amannya slime itu berasal.

Pada umumnya, bahan yang digunakan sebagai aktivator pada slime adalah borax gliceryne. Kita mungkin tidak asing dengan bahan ini karena banyak disiarkan dalam laporan investigasi yang menguak daging berpengawet. Kita pun tidak bisa membuat slime tanpa bahan ini.

Lalu, bagaimana? Tenang, ada beberapa produk konsumsi manusia yang menggunakan borax dengan takaran aman. Artinya, kita tetap menggunakan borax, tetapi borax yang telah ditakar aman bagi manusia khususnya kulit anak-anak kita. Nah, kami punya tips cara membuat slime dari bedak bayi dengan aktivator yang aman, di bawah ini.

1. Dengan obat sariawan

Pertama, cara membuat slime dari bedak bayi dengan aktivator obat sariawan. Apakah Anda mengenal obat sariawan GOM? Jika masih asing, Anda dapat mendapatnya di apotik dengan kisaran harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp10.000 saja untuk 100 mL.

Obat sariawan GOM diketahui mengandung borax sekitar 10 %, yang mana itu cukup tinggi namun aman bagi manusia. Agar lebih aman, Anda dapat mengencerkannya lagi dengan cara mencampurkan dengan air. Campukan air hingga dua kali lipat dari jumlah GOM yang ada. catatan, mencampur terlalu banyak air dapat mengakibatkan jamur tumbuh.

2. Dengan obat tetes mata

Kedua, cara membuat slime dari bedak bayi dengan aktivator obat tetes mata. Selain dengan obat sariawan, kita juga bisa menggunakan obat tetes mata. Ada dua merk obat tetes mata yang bisa Anda gunakan untuk membuat aktivator, yaitu insto dan rohto. Ini tentu bukan tujuan komersil, namun memang dua merk ini yang memiliki kandungan borax yang cukup untuk membuat aktivator slime.

Baca Juga  Cara Membuat Kimbab Halal dengan Bahan Murah Dirumah

Berbeda dengan GOM, untuk obat tetes mata ini tidak perlu kita campurkan air. Cukup Anda teteskan langsung pada bahan beddak bayi yang ada. Anda mungkin bisa membayangkan berapa banyak obat tetes mata yang akan digunakan, namun juga dapat Anda bayangkan betapa bahan ini aman bagi kulit jika bagi mata saja diperbolehkan oleh dunia kesehatan.

3. Dengan bedak bayi

Ketiga, cara membuat slime dari bedak bayi dengan aktivator sampo dan baby oil. Anda dapat menggunakan beberapa merk sampo sebagai bahan aktivator slime dari bedak.

Selain merk, kegunaan sampo juga perlu Anda perhatikan. Pilih sampo yang memiliki fungsi sebagai penjaga kadar minyak dan kelembaban rambut.

Anda juga bisa menggunakan conditioner yang memang terbukti menjaga kadar minyak dalam rambut. Sayangnya slime dengan aktivator sampo perlu diperbarui beberapa saat karena sampo mudah mengering sehingga membuat slime menjadi mudah patah.

Sementara itu, untuk penggunaan baby oil sebagai bahan aktivator, Anda hanya perlu mencampurkannya langsung dengan bedak. Ini merupakan salah satu bahan yang baik dan aman.

Namun, pada bahan ini kekenyalan tidak terlalu kita dapat apabila sudah semakin lama. Selain itu, kadar minyak yang akan tertinggal di tangan juga cukup banyak. Aktivator dari baby oil juga kerap menolak bahan penunjang lain seperti aroma dan pewarna.

Nah, itu tadi adalah bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai aktivator slime dari bahan utama bedak. Melengkapi bahan tersebut, Anda dapat menambahkan bahan pelengkap seperti pewarna makanan atau pun bibit parfum yang disukai anak-anak.

Tidak acara khusus dalam membuatnya, hanya perlu mencampurkan beberapa bahan menjadi satu secara perlahan-lahan hingga mendapatkan kekenyalan yang pas. Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah cara menyimpan slime yang baik supaya tidak memeleh atau pun mengeras.
Sahabat, terus berikan anak-anak kita fasilitas yang menunjang kreativitas mereka, ya!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *