alat pembersih komedo
Jangan Dipencet Tangan, Ini 6 Alat Pembersih Komedo Kekinian
08/04/2019
cuka apel untuk wajah
4 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel Untuk Wajah
09/04/2019

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Dengan 9 Bahan Campurannya

cara membuat masker lidah buaya

Cara Membuat Masker Lidah Buaya – Aloevera atau lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki manfaat untuk perawatan rambut, kulit, hingga penyembuh luka. Di India, tanaman ini bahkan diolah menjadi makanan ringan harian selain tentu saja bahan kosmetik alami.

Lidah buaya juga termasuk 1 dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman bahan baku obat. Karena manfaatnya yang baik bagi kulit, lidah buaya banyak diolah sebagai masker wajah ataupun lulur kulit.

kandungan lidah buaya
Kandungan Lidah Buaya

Beberapa kandungan penting yang terdapat dalam daging dan getah lidah buaya adalah seperti vitamin A, C, E, B12, asam folat, collins, kalsium, tembaga, magnesium, kalium, mangan, natrium, dan seng.

Selain itu, ada juga beberapa enzim yang dapat berguna untuk mengatasi peradangan kulit hingga memecahkan gula dan lemak di dalam tubuh. Sebanyak 7 dari 8 asam amino esensial juga terdapat dalam tanaman ini.

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Masker Kefir Untuk Kaum Hawa

Oleh karena itu, tidak heran apabila lidah buaya sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan sehat dan merawat kecantikan. Salah satu pemanfaatan lidah buaya adalah dengan membuatnya menjadi masker.

Manfaat Masker Lidah Buaya

Beberapa manfaat seperti anti radang, antiseptik, antivirus, anti analgesik, dan antibakteri, membuat banyak orang membuat masker dari lidah buaya.

Masker lidah buaya dapat berguna dalam menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit secara alami. Beberapa masalah kulit seperti jerawat, ruam, iritasi kulit, bekas luka, gatal karena gigitan serangga, reaksi alergi, hingga gejala Psoriasis dapat teratasi.

Baca Juga  Cara Membuat Masker Tomat dan 7 Manfaat Masker Tomat

Selain menggunakannya sebagai masker wajah atau kulit, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Kandungan enzim pada lidah buaya di clan akan mengangkat sel-sel kulit yang menumpuk serta akan menutrisi akar rambut dengan optimal.

cara membuat masker lidah buaya dengan mudah
Cara Membuat Masker Lidah Buaya Dengan 9 Bahan Campurannya

Sebenarnya, kini sudah banyak produk masker yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Namun, memilih untuk meracik sendiri masker lidah buaya tentu tidak lah salah.

Lagi pula, cara membuat masker lidah buaya tidaklah sulit. Pertama, kita bisa langsung menyiapkan lidah buaya yang sudah dicuci hingga bersih. Kupas lidah buaya dan ambil jel atau daging buahnya saja yang berwarna bening.

Jel yang sudah dipisahkan dari kulit daun lidah buaya ini sebenarnya sudah bisa digunakan, yaitu dengan cara mengoleskan nya langsung pada bagian kulit. Namun, kita juga dapat memblendernya dengan beberapa tambahan bahan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai campuran lidah buaya.

1. Air Lemon

Cara membuat masker lidah buaya menggunakan campuran air lemon adalah dengan memarut halus jelly lidah buaya dan diberi perasan air lemon. Kita harus menunggu kedua bahan tersebut setidaknya 1 jam sebelum dioleskan ke wajah. Akan lebih baik apabila disimpan di lemari es atau tempat yang tidak mudah membuat dan air lemon menguap.

2. Madu dan Kunyit

Campuran antara jel lidah buaya dan madu serta kunyit dapat langsung digunakan begitu kita mencampurkannya. Tunggu olesan tersebut bertahan selama setengah jam di wajah sebelum akhirnya dibilas.

3. Putih Telur

Apabila mencampurkan putih telur bersama lidah buaya, maka akan lebih baik apabila kita hanya menumbuk pelan mengaduknya perlahan. Hal itu untuk menghindari bau amis yang keluar atau busa yang terlalu banyak.

Baca Juga  Ingin Kulit Wajah Cerah dan Sehat? Masker Pepaya Solusinya

4. Cuka Apel

Campuran antara lidah buaya dan cuka apel baik digunakan untuk wajah berjerawat. Cara membuat masker lidah buaya dengan bahan campuran cuka apel bisa diblender, kemudian mengucapkannya ke titik jerawat menggunakan katembat.

5. Kubis

Campuran antara lidah buaya dan kubis yang diblender dapat digunakan untuk mengurangi minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat. Caranya adalah dengan memblender halus kedua bahan dengan perbandingan bahan 2 kubis dan 1 lidah buaya.

6. Bawang Putih

Campuran aloe vera dan bawang putih dapat berguna untuk mengurangi peradangan, mengurangi minyak berlebih, dan menangkal radikal bebas. Cara membuat masker lidah buaya dengan campuran bawang putih adalah cukup dengan memblendernya hingga halus.

Baca Juga  Cara Membuat Masker Beras di Rumah dan 4 Khasiat Untuk Kecantikan

7. Madu

Madu sudah diketahui sejak lama dapat bermanfaat baik bagi tubuh, dari dalam ataupun di luar. Beberapa sifat yang dimiliki madu seperti antioksidan, antiseptik, dan antibiotik. Mencampurkan madu dalam masker lidah buaya cukup hanya dengan menuangkannya dengan perbandingan 1:1.

8. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh dikenal mengandung anti bakteri dan anti jamur tinggi yang dapat berguna dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Satu tetes minyak pohon teh dapat digunakan pada satu sendok gel lidah buaya untuk kemudian diaduk merata dan dijadikan sebagai masker.

9. Susu dan minyak mawar

Minyak mawar sudah dikenal sebagai bahan yang dapat meremajakan kulit dengan sangat baik. Selain itu, susu juga dapat bertindak sama meskipun tidak terlalu efektif. Mencampurkan salah satu atau kedua bahan tersebut kedalam masker lidah buaya akan membuat kulit menjadi lebih cerah.

10. Kayu manis

Kayu manis diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke area kulit. Karena teksturnya yang keras, cara membuat masker lidah buaya dengan campuran Kayu Manis haruslah dengan cara diblender, yaitu dengan perbandingan 1:1.

11. Kacang walnut

Kacang walnut yang diketahui memiliki asam omega 3 dapat berguna sebagai peredam radang dan mengontrol jerawat. Karena teksturnya yang keras, kacang walnut harus di blender terlebih dahulu hingga benar-benar halus sebelum dicampurkan dengan jel lidah buaya.

Itulah tadi uraian singkat mengenai cara membuat masker lidah buaya secara murni ataupun dengan beberapa bahan campuran. Selain menggunakan lidah buaya untuk perawatan dari luar, jangan lupakan perawatan dari dalam juga, sahabat!

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *