cara menghilangkan telur kutu
8 Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Aman dan Alami
12/12/2018
manfaat jus buah naga
Manfaat Jus Buah Naga, Si Manis yang Berkhasiat Bagi Kesehatan
13/12/2018

Tak Perlu Biaya Mahal, Ini 12 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

cara memanjangkan rambut secara alami

Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami – Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga keindahannya. Rambut yang panjang menjadikan penampilan wanita makin menarik. Itulah sebabnya, rambut yang hitam, panjang, halus dan berkilau menjadi idaman banyak wanita. Begitu pentingnya menjaga kesehatan rambut, banyak orang merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapat rambut yang indah.

Ada banyak cara memanjangkan rambut, mulai cara alami hingga menggunakan obat penumbuh rambut maupun dengan mengkonsumsi obat-obatan, bahkan sampai menggunakan perawatan mahal yang bisa menghabiskan jutaan atau puluhan juta rupiah.

Baca Juga  Selain Kaya Vitamin, Inilah 7 Manfaat Jus Sirsak Untuk Kesehatan

Dengan menggunakan obat penumbuh rambut terkadang memang bisa memanjangkan rambut dengan cepat. Tapi tak jarang justru menyebabkan iritasi dan efek samping yang membahayakan kesehatan rambut, lalu adalam cara alami memanjangkan rambut tanpa efek samping dan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal?

Tak Perlu Biaya Mahal, Ini 12 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

tips memanjangkan rambut
Perawatan dengan menggunakan bahan alami lebih disarankan karena lebih aman digunakan serta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Bahan-bahan alami tersebut ada di sekitar kita dan bisa didapatkan dengan mudah. Ingin punya rambut panjang? Inilah dia cara memanjangkan rambut secara alami yang bisa anda coba dengan biaya yang terbilang murah.

1.Menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner setelah keramas merupakan salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Kondisioner berfungsi untuk mengganti lemak dan protein yang hilang dari batang rambut. Selain itu, kondisioner diperlukan untuk menjaga kelembaban sehingga rambut tumbuh subur.

Usahakan untuk memilih kondisioner bebas bahan kimia. Bahan kimia pada kondisioner dikhawatirkan melemahkan rambut anda sehingga menghalangi anda untuk memiliki rambut yang panjang dan sehat. Jadi jangan malas menggunakan kondisioner ya, gunakan minimal 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga  Manfaat Creambath Untuk Kesehatan Rambut dan Cara Membuatnya

2.Memijat kulit kepala setelah keramas

Keramas berfungsi membersihkan kotoran, debu, minyak yang menempel pada rambut sehingga rambut tumbuh subur. Agar keramas bisa memberikan manfaat yang optimal, usahakan untuk memijat kulit kepala selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas.

Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah serta merelaksasi kulit kepala. Lakukan pijatan dengan lembut dari dahi ke tengkuk dengan mengikuti garis rambut.

3.Jangan keramas tiap hari

Salah satu fungsi keramas dengan shampo adalah untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari minyak (termasuk minyak alami yang dihasilkan kulit kepala).

Nah, keramas tiap hari justru membuat minyak alami yang dihasilkan kulit kepala tersebut hilang, akibatnya rambut menjadi kering dan kurang subur. Selain itu, keramas tiap hari justru menyebabkan kulit kepala rapuh sehingga mengganggu kecepatan pertumbuhan rambut.

4.Hindari menyisir rambut yang masih basah

Agar pertumbuhan rambut tidak terganggu, usahakan jangan menyisir rambut saat basah. Menyisir rambut saat basah dapat mematahkan dan merontokkan rambut. Hal ini karena rambut dalam keadaan basah cenderung lebih mudah tertarik dan patah dibanding saat kering.

5.Perawatan dengan lidah buaya

Lidah buaya identik dengan khasiatnya bagi perawatan rambut. Sangat banyak manfaat lidah buaya bagi rambut. Tidak sekedar memanjangkan rambut, bahan alami lidah buaya juga bermanfaaat untuk mencegah ketombe serta menjadikan rambut hitam alami. Rambut yang sehat berkilau bisa didapatkan dengan perawatan rutin menggunakan lidah buaya.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cara memanjangkan rambut secara alami adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi lidah buaya meresap dengan maksimal, lalu bilas dengan air bersih.

telur untuk memajankan rambut

6.Masker putih telur

Putih telur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perawatan rambut diantaranya vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta asam lemak dan mineral. Putih telur yang dikombinasikan dengan bahan alami lain akan membuat perawatan rambut lebih maksimal.

Untuk menggunakan putih telur pada rambut, caranya adalah dengan mencampur satu butir putih telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun, kocok hingga rata dan membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala disertai pijatan lembut. Diamkan selama 10-15 menit agar nutrisi putih telur terserap sempurna, lalu bersihkan dengan air. Selain minyak zaitun, anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti madu, minyak kelapa, maupun minyak almond.

Baca Juga  Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

7.Masker jahe

Bahan alami lainnya yang bisa menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut adalah jahe. Tanaman rempah ini dipercaya berkhasiat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala serta membantu folikel rambut menyerap nutrisi dan oksigen. Hal inilah yang membuat rambut memanjang dengan cepat. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak pada jahe juga membantu melebatkan bagian rambut yang tipis.

Untuk membuat masker jahe, caranya adalah dengan menggiling atau blender 1 buah jahe yang sudah dikupas kulitnya. Kupas dan saring hasil jahe gilingan tadi hingga didapatkan jus jahe.

Tambahkan ke dalam jus jahe tadi, satu sendok makan minyak alpukat, setengah gelas santan, serta beberapa tetes air perasan lemon. Oleskan masker jahe ke kulit kepala anda sambil dipijat lembut selama 5-10 menit. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci dengan shampo dan kondisioner.

8.Masker kentang

Kentang tidak hanya lezat dan mengenyangkan untuk dimakan, tapi juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya membuat masker kentang adalah dengan memblender dua buah kentang sampai halus, lalu campur dengan 1 butir kuning telur dan satu sendok makan madu. Campurkan hingga rata lalu anda bisa mengaplikasikan masker kentang tadi pada rambut dan kulit kepala.

9.Konsumsi makanan kaya protein dan zinc

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam berupa asupan makanan ternyata juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Protein akan memberikan nutrisi pada folikel rambut, sehingga mengkonsumsi makanan kaya protein seperti daging, susu, ikan, telur mampu merangsang rambut tumbuh subur.

Sementara zinc bagus untuk memicu produksi minyak pada folikel rambut. Jadi usahakan untuk makan makanan yang mengandung protein dan zinc secukupnya agar rambut tumbuh panjang dan indah.

10.Konsumsi makanan bervitamin

Tidak hanya menyehatkan badan, mengkonsumsi makanan kaya vitamin juga dapat menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C seperti jambu, strawberry, brokoli, tomat maupun kentang bagus untuk menguatkan akar rambut. Selain itu, makanan kaya vitamin B komplek yang ada pada kedelai, kacang tanah, wortel, dan alpukat juga membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih cepat.

11.Hindari stres

Stress bisa berdampak pada kesehatan, diantaranya menyebabkan rambut rontok serta menghambat pertumbuhan rambut. Ketika stres datang, anda bisa hadapi dengan olahraga atau hal-hal yang menyenangkan yang bisa membuat lebih rileks.

Baca Juga  4 Cara Alami Meluruskan Rambut Bergelombang Agar Cepat Lurus

12.Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal kaya akan vitamin A dan vitamin E yang mampu menumbuhkan rambut secara alami. Kandungan nutrisi minyak zaitun mampu meresap sampai ke akar rambut sehingga memperbaiki folikel rambut dengan maksimal. Tidak hanya memanjangkan dan menyuburkan rambut, minyak zaitun juga berkhasiat melembabkan sehingga anda akan terhindar dari rambut kusam dan kering.

Untuk penggunaannya, anda hanya perlu menyiakan beberapa tetes, lalu oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Sebagai alternative,anda juga bisa menggunakan minyak kemiri, minyak kelapa, maupun minyak jojoba.

Demikian tadi ulasan mengenai 12 tips dan cara memanjangkan rambut secara alami. Tidak sulit kan mendapatkan rambut panjang? Yang penting adalah konsisten dan rutin dalam melakukan perawatan. Selamat mencoba dan sukses selalu ya!!

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *