biaya pasang behel
Inilah 5 Jenis Behel Serta Jumlah Biaya Pasang Behel yang Harus Dikeluarkan
30/10/2018
gmat jakarta
3 Tips Belajar Test GMAT Jakarta Paling Mudah Untuk Dipelajari
31/10/2018

Buat kamu yang pemula, Ini Dia 6 Cara Memandikan Kelinci yang Benar

cara memandikan kelinci

Cara Memandikan Kelinci – Hallo bunny lovers, kalian pengen pelihara kelinci? Ataukah kalian sudah memilikinya? Kalian yang akan memelihara kelinci pastikan kalian mampu merawat dengan benar, bacalah sumber-sumber referensi mengenai tata cara memelihara yang baik dan benar, agar kelinci kalian bisa menemani kalian dalam kurun waktu yang lama.

Kelinci dapat bertahan hidup antara usia 5 sd 10 tahun. Salah satu cara merawat kelinci yang perlu diperhatikan yaitu dengan cara memandikan kelinci.

Baca Juga  Cara Merawat Kucing Persia yang Simpel dan Mudah

Walaupun kelinci merupakan binatang yang mencintai kebersihan, namun kita pasti ingin mereka benar-benar terbebas dari kencing dan kotorannya bukan?

Mandikan Kelinci Minimal 6 Bulan Sekali

cara memandikan kelinci

Maka dari itu kita harus memandikan kelinci minimal 6 bulan sekali, itu yang dianjurkan oleh asosiasi kelinci di Indonesia.

Kelinci juga binatang yang mudah mati karena masuk angin atau penyakit seperti scabies. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka ia akan mati.

Sayang kan kalau kalian udah sayang banget sama kelinci kalian, tetapi karena kalian tidak merawatnya dengan baik, kalian akan kehilangannya. Kelinci adalah binatang peliharaan yang imut dan menawan, bagi kalian yang ingin memiliki dan memelihara kelinci belajarlah untuk merawatnya dengan baik.

cara memandikan kelinci
Buat kamu yang pemula, Ini Dia Cara Memandikan Kelinci yang Benar

Apakah kelinci bisa dimandikan? Jawabannya ya bisa, akan tetapi kita tidak boleh memandikan kelinci terlalu sering karena kelinci dapat memandikan dirinya dengan cara menjilat bagian-bagian tubuhnya.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora Ini Paling Banyak Dicari dan Dikonsumsi

Kriteria kelinci yang bisa dimandikan yaitu kelinci yang usianya lebih dari 5 bulan dan kelinci yang sedang sehat serta tidak stres. Yuk kita simak cara memandikan kelinci berikut ini.

1. Menyiapkan Perlengkapan Mandi

Beberapa perlengkapan memandikan kelinci yang kamu perlukan diantaranya:

• Shampo kelinci seperti “Clean & fresh blue fantasy rabbit shampoo”

Kalian bisa memilih jenis shampo ini karena sudah banyak yang memakai shampo ini dan memberikan testimoni yang bagus. Shampo ini mengandung kondisioner yang akan menghaluskan dan melembutkan bulu kelinci. Selain itu, shampo ini juga memiliki aroma yang wangi.

• Ember berisi air

• Handuk

• Hair dryer untuk mengeringkan bulu-bulu kelinci agar kelinci tidak masuk angin

• Sisir untuk kelinci

• Gunting kuku

• Baby oil

• Cutton bud untuk membersihkan telinga kelinci setelah dimandikan

Baca Juga  Cara Membasmi Tikus Tanpa Racun Ini Bisa Dicoba Dirumah

2. Mulai Memandikan Kelinci

Angkat badan kelinci dan masukkan perlahan ke ember yang berisi air, basahi dengan air sedikit demi sedikit hingga merata ke seluruh tubuh kelinci. Tuang shampoo ke badan kelinci usap dengan tangan kanan mulai dari bagian bawah menuju bagian atas hingga benar-benar bersih.

Biasanya kelinci tidak akan betah berlama lama di air, kita harus waspada agar kelinci kita tidak lari maka kita harus memegangnya dengan kuat tapi jangan sampai melukai kelinci.

3. Membilas Badan Kelinci

Bilas badan kelinci dengan air yang mengalir secara perlahan-lahan lalu usap-usap agar tidak ada sisa shampoo yang menempel.

4. Mengeringkan Badan Kelinci

Keringkan badan kelinci menggunakan handuk agar tidak terlalu basah, kemudian angkat dengan satu tangan dan tangan yang lain memegang hair dryer. Keringkan hingga benar-benar kering.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan 11 Bahan Alami Ini

Sambil kita keringkan ada baiknya kita beri kelinci makanan, karena biasanya setelah dimandikan energi kelinci terkuras habis untuk meronta dan akan lapar. Itu memudahkan kita saat mengeringkan kelinci menggunakan hair dryer. Pastikan bulu-bulu kelinci benar-benar kering agar tidak masuk angin. Sisir bulu kelinci agar terlihat rapi dan imut.

5. Bersihkan Telinga Kelinci

Ambil cotton bud yang telah diolesi baby oil untuk membersihkan kedua telinga kelinci, korek secara perlahan agar kerak-kerak kecoklatan yang ada di telinganya bersih.

6. Memotong Kuku Kelinci

Potong kuku kelinci sedikit, agar saat kita menggendong kelinci kita tidak tercakar oleh kuku-kuku yang tajam. Jangan terlalu dalam memotongnya pastikan hanya bagian luarnya saja karena kelinci sangat sentitif apabila kukunya tersentuh.

Baca Juga  Ternyata Shampo Kuda Bisa Digunakan Manusia, Ini Manfaatnya

Kalian tidak boleh memandikan kelinci di air terlalu lama ya, dikhawatirkan kelinci akan masuk angin dan syok yang bisa berujung pada kematian kelinci.

Nah, cara memandikan kelinci sudah selesai. Kelinci sudah dimandikan siap untuk kita ajak bermain. Mudah bukan?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *