cara memerahkan bibir dengan madu
6 Cara Memerahkan Bibir Dengan Madu Dengan Bahan Alami
10/06/2019
cara mengatasi telinga berdengung
Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah
11/06/2019

5 Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya Dirumah

cara meluruskan rambut dengan lidah buaya

Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya – Sudah sejak lama tanaman lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang dapat menyuburkan rambut, selain penyembuh luka dan penghalus kulit. Hingga kini tanaman lidah buaya masih menjadi 10 tanaman yang bernilai tinggi sebagai bahan baku kosmetik.

Hal itu karena lidah buaya memiliki kandungan 20 macam mineral, 12 macam vitamin atau semua vitamin kecuali vitamin D, 18 jenis asam amino, dan 200 phytonutrient yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut kita.

kandungan lidah buaya

Kandungan Lidah Buaya

Dari kandungan-kandungannya tersebut, lidah buaya memiliki kegunaan sebagai berikut.

1. Ekstrak dari tanaman ini juga bersifat anti bakteri, yang berarti dapat menjaga kesehatan kepala.

2. Kandungan enzim alami yang ada pada lidah buaya dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati di kulit kepala, sehingga baik untuk mencegah terjadinya ketombe atau pun jamur.

Baca Juga  4 Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

3. Lidah buaya diketahui memiliki kandungan protein, kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan rambut. Rambut akan lebih tebal, kuat, dan berwarna pekat.

4. Kegunaan utama tanaman ini memang untuk meluruskan rambut, mitos mengatakan bahwa rambut laki-laki yang lebih efektif dikenai. Namun, banyak perempuan juga telah mendapatkan hasilnya.

Karena manfaat lidah buaya yang baik bagi rambut, tidak heran jika banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan baku lidah buaya. Namun, sebenarnya kita bisa meraciknya sendiri di rumah dengan sederhana.

cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dirumah
5 Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya Dirumah

Untuk meluruskan rambut menggunakan bahan baku lidah buaya, kita dapat memilih jenis lidah buaya apa saja. Namun, agar lebih mudah kita bisa memilih jenis lidah buaya yang berdaun tebal. Meskipun begitu, sebaiknya jangan memilik lidah buaya yang kini banyak dikembangkan untuk konsumsi langsung.

Sebaiknya dipilih daun lidah buaya yang cukup matang sehingga memiliki nutrisi yang sudah kompleks. Pilih daun yang memiliki warna lebih pekat ketimbang yang lain. Setelah itu, dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat Alami

1. Pengambilan Gel Lidah Buaya

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dapat diawali dengan mengambil daging atau gel lidah buaya. Agar mendapatkan hasil maksimal atau supaya tidak banyak terbuang, kita dapat menggunakan parutan.

2. Memasak Gel Lidah Buaya

Setelah gel terkumpul, cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dilanjutkan dengan pemasakan. Masak daging lidah buaya menggunakan panci di atas perapian kecil. Hal ini berguna supaya nutrisi di dalam gel tidak rusak.

Matikan perapian apabila bagian bawah panci sudah mendidih. Kita harus menunggu beberapa saat sebelum menyalakannya lagi. Jangan sampai gel lidah buaya berubah menjadi karamel dan tidak memberi manfaat.

3. Mendinginkan Gel Masakan

Setelah gel lidah buaya mencair total, langkah cara meluruskan rambut dengan lidah buaya adalah dengan mendinginkannya terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat, namun jangan sampai gel kembali menggumpal.

4. Memaskerkan Gel ke Rambut

Gel yang sudah mencair dapat digunakan sebagai cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, yaitu dengan memaskerkan pada rambut. Tunggu setidaknya selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

Baca Juga  Keguaan, Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Dari Kecantikan Hingga Kesehatan

5. Membilas Rambut

Menambahkan minyak zaitun setelah memaskerkan gel adalah cara yang baik sebagai mendukung cara meluruskan rambut dengan lidah buaya. Hal itu juga akan mengurangi aroma lidah buaya yang tertinggal di rambut.

Itulah tadi beberapa cara meluruskan rambut dengan lidah buaya yang bisa dicoba sendiri menggunakan peralatan sederhana. Kita dapat mengombinasikan gel lidah buaya dengan bahan lain yang juga bermanfaat untuk rambut.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *