bentuk pemerintahan jerman
Mengenal Sejarah Lebih Dekat, Inilah Bentuk Pemerintahan Jerman
08/11/2018
cara meluruskan rambut secara alami
8 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Sangat Efektif
09/11/2018

Mau Kuliah Keluar Negeri? Coba Ikuti 7 Cara Kuliah Di Jerman

cara kuliah di jerman

Cara Kuliah di Jerman – “Raihlah cita – citamu setinggi langit” ingat quote ini? Salah satu cara untuk menggapai cita – cita adalah dengan belajar giat. Dengan belajar giat, kamu akan bisa lulus Sekolah Menengah Atas kemudian kamu bisa melanjutkan studimu di universitas di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sebagian orang memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di luar negeri. Salah satu negara yang dijadikan tujuan untuk melanjutkan studi adalah Jerman. Hal ini dikarenakan biaya perkuliahan di Jerman relatif lebih murah dibandingkan di negara – negara lainnya. Selain itu, Jerman terkenal memiliki universitas – universitas yang berkualitas.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah

Jika kamu ingin kuliah di Jerman tetapi belum tahu bagaimana cara kuliah di Jerman, simak penjelasannya berikut ini.

cara kuliah di jerman

Mau Kuliah Keluar Negeri? Ini 7 Cara Kuliah di Jerman

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Jerman, kamu harus mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai berbagai universitas di Jerman. Berikut ini cara kuliah di Jerman yang perlu kamu tahu, diantaranya:

1. Memilih Universitas yang Kamu Minati

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah memutuskan ingin kuliah di Jerman yaitu memilih universitas yang kamu minati. Ada banyak universitas yang bagus dan berkualitas di Jerman, dari universitas – universitas tersebut ada universitas negeri dan swasta.

Nah, pentingnya kamu mencari informasi mengenai universitas ini, kamu bisa menentukan apakah kamu akan memilih universitas Applied Science (Ilmu Terapan), College of Art (Universitas Seni) atau Film dan Musik.

2. Memilih Program Studi atau Jurusan

Setelah memilih universitas mana yang menjadi incaranmu, kamu harus memilih program studi apa yang akan kamu ambil. Penting bagi kamu memilih program studi yang kamu minati, agar ke depannya kuliahmu bisa berjalan lancar.

cara kuliah di jerman

3. Memeriksa Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran

Tiap – tiap program studi di masing – masing universitas memiliki persyaratan yang berbeda – beda. Kamu harus benar – benar memperhatikan persyaratan – persyaratan yang diminta oleh universitas dan program studi yang kamu tuju.

Periksa juga prosedur pendaftaran dan kapan batas akhir pendaftaran. Informasi lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran bisa kamu baca di situs resmi universitas.

4. Memeriksa Persyaratan Kemampuan Bahasa Jerman

Jika program studi yang kamu pilih adalah program gelar Internasional, kamu tidak memerlukan persyaratan kemampuan bahasa Jerman. Tetapi jika yang kamu pilih adalah program studi selain program gelar internasional, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk belajar bahasa Jerman.

Baca Juga  Belajar Bahasa Jerman Otodidak dan Hal yang Harus Diperhatikan

5. Menentukan Bagaimana Cara Membiayai Kuliah

Walaupun Jerman terkenal dengan biaya perkuliahan yang murah bahkan bisa dibilang gratis, kamu tetap harus mempersiapkan biaya untuk kuliah di Jerman. Hal ini dikarenakan, kamu akan membutuhkan biaya untuk membayar uang kontribusi yang dibayarkan per semester.

Selain itu, kamu juga membutuhkan uang untuk membayar asuransi kesehatan, biaya hidup di Jerman dan biaya lainnya. Kamu bisa menentukan bagaimana kamu akan membiayai kuliahmu, apakah kamu akan membiayai kuliahmu dengan beasiswa, biaya pribadi atau dengan cara yang lainnya.

6. Memiliki Visa

Semua orang yang akan bepergian ke Jerman, termasuk calon mahasiswa harus memiliki visa. Pembuatan visa bisa dilakukan di Kantor Kedutaan Jerman yang ada di Jakarta.

Baca Juga  Perbandingan Biaya Hidup Di Jerman Vs Kota di JABODETABEK

7. Mengikuti Studienkolleg

Cara kuliah di Jerman selanjutnya yaitu mengikuti studienkolleg. Studienkolleg atau pra universitas merupakan jenjang pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa S1 di Jerman yang berasal dari negara non Uni Eropa atau negara Uni Eropa atau negara yang menurut pemerintah Jerman memerlukan persiapan khusus. Studienkolleg di Jerman umumnya membutuhkan waktu 1 tahun.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *