cara mengobati vertigo
Kenali Apa Itu Vertigo, Ciri Ciri Vertigo dan Cara Mengobati Vertigo
18/12/2018
kampus di jerman
10 Kampus di Jerman Untuk Kuliah Berikut Keunggulannya
19/12/2018

Ayo Belajar, Ini 3 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Dirumah

cara cepat belajar bahasa jerman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman- Dari banyak faktor yang membuat turis datang ke Jerman, hal tersebut secara otomatis membuat banyak juga orang yang berminat belajar bahasa Jerman. Hal itu terutama dilakukan oleh mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke sana.

Untungnya kini belajar bahasa asing sudah mudah dilakukan. Belajar bahasa Jerman bisa dilakukan dengan cara mandiri atau pun juga bisa dengan mengikuti kursus. Jika melalui lembaga kursus, kamu akan mendapatkan kurukulum yang terpadu. Namun, kekurangannya kamu harus mengikuti penjadwalan untuk kenaikan jenjang selain tentu saja mengeluarkan biaya.

Baca Juga  Belajar Bahasa Jerman Selamat Pagi, Malam, Sore Dalam Bahasa Jerman

Sementara itu, belajar dengan cara mandiri atau ototdidak juga bukan hal mustahil mengingat mudahnya sarana didapatkan. Cara belajar otodidak juga diambil banyak orang supaya dapat mengatur porsi belajar sendiri. Pada dasarnya, cara cepat belajar bahasa Jerman akan sangat bergantung pada teknik-teknik belajarnya itu sendiri.

Ayo Belajar, Ini 3 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Dirumah

cara cepat belajar bahasa jerman
Belajar melalui lembaga kursus atau pun secara mandiri tentu memiliki unsur-unsur yang diperhatikan. Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus diperhatikan sebagai tips cara cepat belajar bahasa Jerman.

1. Aussprache atau Pelafalan

Tips cara cepat belajar bahasa Jerman adalah dilakukan dengan anggapan bahwa kita harus bertindak seperti anak kecil yang baru belajar bicara. Oleh karena itu, hal yang pertama dipelajari adalah pelafalan.

Sebenarnya, pelafalan dalam bahasa Jerman dapat dikatakan relatif mudah untuk dilakukan, berbeda dengan bahasa Mandarin atau pun bahasa Inggris. Meskipun begitu, bagi warga Indonesia, ada beberapa pelafalan yang asing, yaitu “ü, ö, ä, z, j, st, w”.

Misalnya dalam kata “Stuhl” yang berarti kursi, “S” pada kata tersebut dibaca “si” baru diikuti dengan suku kata “thul”. Pelafalan huruf lain di dalam kata lain akan

2. Susunan Gramatik

Cara belajar bahas Jerman dengan mengartikan kata per kata bahasa Jerman ke dalam bahasa Indonesia tertulis, adalah keliru. Hal yang benar adalah mengartikan bahasa Jerman (baik lisan atau pun tertulis) ke dalam bahasa Indonesia lisan.

Hal tersebut karena susunan gramatikal kedua bahasa berbeda. Dengan membaca sebuah kalimat dalam bahasa Jerman, kamu tidak perlu tahu bagaimana penulisannya ke dalam bahasa Indonesia. Yang penting adalah mengerti apa arti dari kalimat tersebut.

Baca Juga  Belajar Bahasa Jerman Otodidak dan Hal yang Harus Diperhatikan

Maksudnya begini, kita tahu ada unsur-unsur subyek, predikat, obyek, dsb. Unsur-unsur tersebut selalu sama di semua bahasa, namun penyusunannya yang berbeda. Misalnya kalimat “Aku bisa pindah tempat duduk.” secara serampangan diterjemahkan menjadi “Ich kann den Sitzplatz umziehen.”.

Hal tersebut salah karena kata “umziehen” yang berarti “pindah” dalam bahasa Jerman tidak dapat digunakan untuk “tempat duduk”.

Oleh karena itu, kamu harus banyak membaca wacana utuh sebagai tips cara cepat belajar bahasa Jerman. Jika bukan itu, bisa juga melihat film atau mendengarkan musik berbahasa Jerman. Dengan begitu kamu akan mudah mengerti sebuah kata digunakan untuk situasi apa.

cara cepat belajar bahasa jerman

3. Praktik Berbicara

Hal yang perlu dilakukan setelah menguasai materi tentu saja mempraktikannya secara langsung. Jika kamu sudah bisa menguasai usnur bahasa menyimak, menulis, dan membaca tentu saja harus dibuktikan dengan berbicara.

Berbicara bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu satu arah dan dua arah. Cara praktik berbicara yang paling mudah adalah yang satu langkah. Kamu bisa berbicara sendiri di depan cermin, seperti berpidato.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman Vs Belajar Otodidak, Lebih Efektif Mana?

Jika bukan begitu, kamu bisa melakukannya dengan mendengarkan sebuah isu di televisi atau di radio. Selanjutnya, kamu harus menanggapi isu tersebut dengan bahasa Jerman.

Nah, sahabat, itu tadi adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebagai cara cepat belajar bahasa Jerman. Untuk mendapatkan banyak tips mengenai bahasa Jerman atau mengenai keunikan-keunikan lain mengenai Jerman, kamu bisa mendapatkannya di virtueducation.org

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *