universitas negeri di perancis
5 Daftar Universitas Negeri di Perancis Pilihan Terbaik
04/02/2019
kata motivasi kerja bahasa inggris
Kumpulan Kata Motivasi Kerja Bahasa Inggris dan Artinya
06/02/2019

3 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Manjur

cara cepat belajar bahasa inggris otodidak

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak – Bahasa inggris adalah salah satu bahasa asing yang dipelajari rata-rata masyarakat Indonesia selama sekitar enam sampai sembilan tahun. Rentang periode ini dihitung dari usia sekolah dasar 6 tahun hingga jenjang sekolah menengah pertama dan atas.

Dihitung secara rata-rata kasar saja. Lamanya proses pembelajaran ini ternyata tidak menjamin kita menguasai bahasa inggris secara baik dan benar. Ini terbukti ketika di jenjang yang lebih tinggi.

Universitas atau kampus misalnya, banyak mahasiswa yang belum memahami bahasa inggris dengan baik dan benar. Hal ini bisa terjadi karena belajar bahasa inggris di jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas terputus atau setengah-setengah saja.

Beberapa Orang Menggap Remeh Pentingnya Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris otodidak

Selain itu, persoalan bahwa bahasa inggris sering dianggap remeh juga sering menghinggapi beberapa orang. Nanti kan bisa ikut kursus atau nanti kan bisa belajar lagi. Sehingga sikap meremehkan ini menjadi bumerang. Karena berkali-kali mengikuti les bahasa inggris atau mendapat privat bahasa inggris tetapi tidak juga paham dan menguasai. Bahkan kemudian cenderung antipati dan menyerah.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Present tense Positif Negatif Interogatif

Padahal bahasa inggris pada pergaulan dewasa ini sangat dibutuhkan dimanapun. Pada era globaliasi penguasaan bahasa inggris cenderung lebih dibutuhkan daripada bahasa asing lain. Sehingga mau tak mau, anda yang menjadi generasi muda indonesia setidaknya wajib menguasai bahasa inggris secara dasar. Dibandingkan dengan bahasa asing lainnya seperti jerman, jepang, mandarin dan prancis. Menguasai bahasa inggris akan bermanfaat dalam dunia kerja di indonesia pada umumnya.

Meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa inggris membutuhkan proses yang lumayan lama. Tetapi proses ini bisa dipersingkat jika anda mengikut kursus bahasa inggris yang intensif, privat yang intensif, atau belajat otodidak yang intensif.

Baca Juga  Inilah Ciri, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modals Untuk Dipelajari

Kenapa harus intensif? Karena proses pembelajaran intensif secara tidak sadar akan menekan anda pada titik yang keras untuk belajar lebih mendalam. Intensif juga melatih anda meluangkan waktu khusus, fokus pada pembelajaran serta tidak main-main dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya. Jika anda belajar bahasa inggris dengan kursus atau otodidak tetapi alakadarnya saja. Maka susah untuk menguasai bahasa inggris dengan cepat.

3 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Manjur

cara belajar bahasa inggris otodidak
Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan jika anda berniat belajar bahasa inggris otodidak. Belajar bahasa inggris harus mempertimbangkan tiga kemampuan yang diujikan dalam tes TOEFL Bahasa inggris, terutama ITP (Institutional testing program) atau PBT (paper based test). dua test ini sama saja di bawah ETS Amerika dan merupakan test bahasa inggris umum dan dikenal didunia kerja.

Baca Juga  10 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris yang Banyak Digunakan

TOEFL ITP dan PBT mengujikan tiga kemampuan dasar. Listening (mendengarkan sebuah percakapan dan memahami isinya). structure (tata bahasa dan mengidentifikasikan sebuah kesalahan dalam kalimat). reading (membaca artikel, mengidentifikasi sinonim dan antonim yang ada dalam artikel, serta menjawab soal substansi yang ditanyakan dalam artikel).

Berikut adalah 3 cara cepat bejalar bahasa inggris otodidak mengacu pada tiga kemampuan dasar yang diujikan dalam tst TOEFL ITP dan PBT:

1. Siapkan jadwal belajar yang konsisten

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang pertama adalah siapkan jadwal belajar bahasa Inggris yang konsisten, minimal satu kali sehari sekitar sejam atau dua jam.

Jika anda mempersiapkan satu jam sebelum tidur. Maka konsisten terus dalam seminggu atau dua minggu kedepan. Jika sehabis bangun tidur atau sejam sebelum berangkat sekolah juga bisa. Konsisten saja kuncinya. Kemudian bagi dalam satu hari belajar satu kemampuan dasar saja. Semisal hari ini reading article, esok structure dan lusa listening. Berikut seterusnya atau anda bisa menukar sesuai kebutuhan anda.

2. Siapkan bahan belajar yang terstruktur

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang selanjutnya adalah menyiapkan bahan belajar dari buku-buku belajar bahasa inggris tersebar di internet.

Atau anda bisa membeli bahan bacaan di toko buku yang jelas membahas TOEFL ITP dan PBT. Selain itu download kamus bahasa inggris offline untuk membantu anda menambah koskata dalam bahasa inggris.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman Vs Belajar Otodidak, Lebih Efektif Mana?

3. Latihan belajar soal-soal

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang terakhir adalah latihan belajar soal soal berbahasa Inggris.

Soal-soal ini bisa anda dapatkan di buku belajar, mendownload dari internet. Usahakan latihan ini tiga hari sekali atau seminggu sekali.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *