manfaat susu bear brand
Manfaat Susu Bear Brand dan Kandungannya Untuk Kesehatan Tubuh
22/01/2019
kata kerja bahasa inggris v1 v2 v3
Contoh Kata Kerja Bahasa Inggris V1 V2 V3 Sehari-Hari
23/01/2019

Simak Cara Bikin Paspor Online Termudah dan Terbaru

cara bikin paspor online

Cara Bikin Paspor Online – membuat paspor bagi sebagian besar orang seringkali menjadi hambatan. Antrian panjang dan berjam-jam sungguh menyita waktu untuk membuat buku yang digunakan untuk bisa keluar negeri.

Paspor sangat penting untuk dimiliki khususnya bagi para pebisnis dan mereka yang memiliki usaha pulang pergi ke luar negeri. Baik pembuatan paspor baru atau perpanjangan paspor yang dilakukan di kantor imigrasi dari tahun ke tahun terkenal lama dengan antrian yang sangat panjang.

Namun kini masyarakat tidak perlu takut lagi akan antrian panjang dan berjam-jam. Pembuatan paspor di Indonesia kini dipermudah dengan adanya sistem online. Memanfaatkan teknologi, dengan adanya paspor yang dibuat secara online masyarakat tidak perlu menunggu lama mulai dari pendaftaran hingga pembayaran.

Baca Juga  Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online Dengan Mudah

Keuntungan lainnya dalam membuat paspor online ini adalah pengaturan jadwal sesuai waktu yang dimiliki pemohon. Jadi masyarakat tidak perlu lagi harus membuat di kota asal atau kota sesuai dengan KTP. Pembuatan paspor bisa dimana saja sesuai dengan kantor imigrasi terdekat sekaligus waktu yang dibutuhkan.

Simak Cara Bikin Paspor Online Termudah dan Terbaru

 cara bikin paspor

Sudah masuk dalam tahapan cara bikin paspor online tentu saja tidak terlepas dari syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Dokumen yang disiapkan harus lengkap dan jangan sampai tertinggal. Jika tertinggal waktu pergi ke kantor imigrasi kamu harus pulang dan mengambil kelengkapan dokumen.

Pihak imigrasi sangat ketat untuk masalah kelengkapan dokumen. Apa saja syarat yang harus dipersiapkan? Berikut ini syarat-syaratnya:

1. Kartu Tanda penduduk (e-KTP)

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Akta kelahiran/ akta pernikahan/ ijazah

3. Jika ganti nama lampirkan surat pernah ganti nama oleh pejabat berwenang

4. Paspor lama (untuk perpanjangan paspor)

Nah masing-masing dokumen ini harus difotokopi. Siapkan fotokopi masing-masing dokumen apabila dibutuhkan dan di kantor imigrasi tidak ada tempat fotokopi.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan dan Keuntungannya

Jika semua berkas sudah siap langsung untuk mendaftarkan diri untuk cara bikin paspor online. Caranya adalah sebagai berikut ini:

– Unduh aplikasi

Sekarang kamu bisa memulai untuk mengunduh aplikasi antrian paspor online resmi di Google Play store. Unduh aplikasi dan pastikan memori hape kamu masih cukup untuk menyimpan aplikasi ini.

– Pendaftaran

Jika sudah selesai mengunduh daftarkan diri kamu dengan mengisi identitas yang lengkap sesuai KTP. Buatlah username dan password yang mudah dihafalkan. Masukan semua keterangan yang ada dalam setiap kolom yang harus dipenuhi. Ingat isi dengan identitas asli bukan nama samaran.

– Verifikasi

Apabila sudah mengisi kolom pendaftaran dengan lengkap maka selanjutnya adalah cerifikasi. Cek email kami yang masuk dari aplikasi antrian paspor online dan verifikasikan akun. Jika sudah maka kamu bisa coba untuk login kembali dengan username dan password yang tadi telah dibuat.

– Pilih kantor imigrasi

Jika sudah masuk kamu bisa langsung memilih kantor imigrasi terdekat.

– Isi data

Kamu kini sudah siap untuk membuat paspor secara online dan mengambil nomor antrian. Isilah semua halaman pendaftaran dengan benar sesuai dengan dokumen-dokumen yang tadi telah disiapkan. Pengisian data harus benar dan jangan lupa untuk membaca ulang kembali agar tidak terjadi kesalahan.

Cermati jadwal pembuatan

Data sudah lengkap dan jadwal untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi terdekat yang kamu pilih sudah tersedia. Saatnya mempersiapkan diri pada jadwal yang telah ditetapkan untuk datang ke kantor imigrasi.

Proses pengisian data yang sudah selesai akan mendapatkan barcode, barcode ini wajib ditunjukan pada petugas imigrasi untuk mendapatkan nomor antrian yang telah ditentukan. Tidak hanya menunjukan barcode, tapi kamu juga harus membawa seluruh kelengkapan dokumen yang tadi telah dipersiapkan.

Di kantor imigrasi kamu hanya perlu menunggu untuk dipanggil dan melakukan proses wawancara, foto serta pengecekan kelengkapan dokumen dan tentunya membayar paspor yang akan dibuat. Pembayaran bisa dilakukan di kantor imigrasi dan di kantor pos terdekat.

Berapakah Biaya Pembuatan Paspor?

 biaya bikin paspor online
Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat paspor biasa adalah 355 ribu sedangkan untuk membuat e-paspor adalah 655 ribu rupiah. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk membuat paspor online melalui website imigrasi.go.id.

Jika kamu memilih untuk mendaftar melalui website meka cukup memilih menu layanan paspor online dan kamu akan ditunjukan kolom yang harus diisi. Pengisian data sama seperti pada aplikasi dan harus dilengkapi dengan benar sesuai dengan dokumen yang dimiliki.

Baca Juga  Mau Kuliah Gratis di Jerman? Perhatikan 4 Biaya Ini

Selanjutnya setelah data dipenuhi maka kamu bisa melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk. Beberapa bank yang digunakan adalah Mandiri, BCA, BRI, BNI, CIMB, Permata and HSBC. Jika melakukan pembayaran melalui bank maka simpan and fotokopi bukti pembayaran untuk dibawa ke kantor imigrasi sebagai bukti.

Bukti pembayaran juga harus digunakan untuk validasi bahwa kamu telah melakukan pembayaran pembuatan paspor. Jadi ketika berada di kantor imigrasi kamu tidak perlu melakukan pembayaran ulang. Jika sudah pilih tanggal untuk datang ke kantor imigrasi terdekat untuk melakukan foto, penyerahan dokumen dan wawancara.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *