cara menghilangkan kutu di rambut panjang
4 Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Panjang Secara Alami
15/03/2019
kosa kata bahasa inggris
Mengintip, 4 Tips Mudah Menghafalkan Kosa Kata Bahasa Inggris
16/03/2019

10 Cara Belajar Berbahasa Inggris Untuk Pemula Dirumah

cara belajar berbahasa inggris

Cara Belajar Berbahasa Inggris – Saat ini kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan dalam studi maupun dalam dunia kerja. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat mengembangkan karir hingga ke dunia internasional.

Di era globalisasi ini, begitu penting untuk seseorang dapat berbahasa Inggris. Bahasa Inggris diajarkan di sekolah – sekolah mulai tingkat dasar hingga tingkat atas. Selain itu, banyak lembaga – lembaga bahasa Inggris seperti Westwoodprep.com yang menawarkan keterampilan kursus bahasa Inggris.

Alasan Seseorang Untuk Mempelajari Bahasa Inggris

 tips belajar berbahasa inggris

Ada beberapa alasan yang mendasari seseorang untuk mempelajari bahasa Inggris, diantaranya:

• Untuk kebutuhan formal seperti memenuhi persyaratan pendidikan ataupun pekerjaan.

• Untuk kebutuhan non formal seperti ingin pergi ke negara – negara berbahasa Inggris.

• Untuk aktualisasi diri atau untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam mempraktekkan bahasa Inggris aktif.

Baca Juga  4 Tips Belajar Bahasa Perancis Untuk Pemula yang Bisa Dicoba

Berbagai alasan tersebut membuat seseorang mempelajari bahasa Inggris secara otodidak maupun dengan mengikuti kursus. Nah, di artikel ini kita akan membahas cara belajar berbahasa Inggris untuk pemula.

10 Cara Belajar Berbahasa Inggris Untuk Pemula Dirumah

 cara belajar berbahasa inggris

1. Ketahui Tujuan Kamu Belajar Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa alasan orang ingin belajar bahasa Inggris. Nah, sebelum kamu belajar bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui apa tujuan kamu menguasai bahasa Inggris.

Kamu bisa mencari materi – materi dari buku ataupun dari sumber lainnya seperti internet. Dengan mengetahui tujuan kamu belajar bahasa Inggris, kamu bisa lebih fokus.

Baca Juga  Ikuti Serunya Les Bahasa Perancis di Jakarta yang Santai

2. Hafalkan Kosakata Bahasa Inggris Mulai dari yang Sering Digunakan

Cara belajar berbahasa Inggris diawali dengan menghafalkan kosakata dasar bahasa Inggris. Kamu bisa mulai menghafalkan kosakata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

3. Belajar Merangkai Kalimat

Setelah menghafalkan kosakata bahasa Inggris, kamu harus belajar untuk merangkai kosakata tersebut menjadi kalimat bahasa Inggris. Belajar merangkai kalimat bahasa Inggris akan membantu kamu untuk lebih lancar dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

4. Jangan Menghindari Grammar

Walaupun tanpa grammar seseorang tetap bisa melakukan percakapan dengan bahasa Inggris, namun tetap saja belajar grammar itu penting. Karena dengan penggunaan grammar yang benar seseorang dapat meminimalisir gagal paham atau miss komunikasi saat berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga  5 Tempat Kursus TOEFL Jakarta Terkemuka Meningkatkan Skor

5. Sering membaca teks – teks bahasa Inggris

Keterampilan membaca teks bahasa Inggris ini bisa kamu pelajari dari hal yang mudah seperti membaca dongeng bahasa Inggris atau membaca cerita pendek bahasa Inggris. Nah, cara belajar berbahasa Inggris selanjutnya kamu bisa membaca teks – teks bahasa Inggris lainnya seperti artikel bahasa Inggris, majalah dan surat kabar bahasa Inggris.

6. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki hobi mendengarkan musik, kamu bisa belajar dengan mendengarkan lagu – lagu berbahasa Inggris dan mengartikannya. Semakin sering kamu mendengarkan banyak lagu dan menghafalkannya akan membuat kosakata bahasa Inggrismu bertambah.

7. Menonton Film Bahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris juga bisa menjadi cara belajar berbahasa Inggris yang cukup efektif. Dengan sering menonton film bahasa Inggris, kamu akan terbiasa melatih kemampuan listening dan menambah kosakata. Kamu bisa mencatat kata – kata sulit yang kamu temui kemudian mengartikannya dengan kamus.

Baca Juga  3 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Manjur

8. Mencari Teman untuk Melatih Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Cara belajar berbahasa Inggris lebih efektif saat kamu sering mempraktekkannya. Kamu bisa mencari teman untuk melatih komunikasi dengan bahasa Inggris melalui percakapan maupun tulisan.

Kamu bisa bergabung ke komunitas berbahasa Inggris atau klub – klub bahasa Inggris online yang bisa kamu cari di internet.

9. Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menyenangkan

Nah, belajar bahasa Inggris tidak melulu dengan cara yang serius saja lho, tapi kamu juga bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Kamu bisa belajar melalui aplikasi bahasa Inggris yang bisa kamu download di hp android kamu seperti:

• Duolingo

• Hello English

• Learn English Daily

• English Conversation Practice

• Memrise

• Learn English Grammar Quickly

• Rosetta Stone

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari video di youtube, podcast, audio book, dan lainnya.

10. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Kursus menjadi cara belajar berbahasa Inggris yang cepat dan efektif. Biasanya saat kamu mengikuti kursus, kamu akan diminta untuk mengikuti placement test terlebih dulu untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggrismu.

Placement test ini berguna untuk mengetahui apakah kemampuan kamu berada di level dasar (basic), menengah (intermediate), atau lanjutan (advance). Materi yang diberikan di tempat kursus biasanya juga lebih terkonsep.

Kursus biasanya diadakan rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal inilah yang membuat kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Selain itu, pengajar – pengajar yang mengajar di lembaga kursus biasanya sudah berpengalaman di bidangnya sehingga dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *