penyebab bayi cegukan
7 Penyebab Bayi Cegukan Dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
19/09/2018
kursus bahasa jerman di jakarta
Kursus Bahasa Jerman di Jakarta dan Tingkatan Bahasa Jerman
20/09/2018

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa – Negara Jerman termasuk ke dalam negara-negara Eropa Barat. Dimana negara kelompok Eropa Barat termasuk dalam klaster negara dengan pendidikan tinggi dan industri saling beriringan satu sama lain.

Sehingga riset-riset perguruan tinggi saling mengisi dengan industri. Jerman termasuk salah satu negara yang berhasil mengkombinasikan match antara kebutuhan industri dengan skill yang dihasilkan perguruan tinggi. Tidak heran jika banyak industri-industri Jerman banyak mensubsidi dan mendanai riset-riset penting dan populer di riset-riset unggulan universitas/kampus.

Kapabilitas dan kecakapan yang dihasilkan kampus-kampus Jerman juga bukan main-main. Beberapa penerima nobel merupakan mahasiswa didikan Jerman dan bahkan mengajar disana. Einstein dan Marie Curie misalnya.

Baca Juga  Ini Dia Daftar Merk Masker Pengangkat Komedo Terbaik untuk Kalian

Dua nama yang tersohor di ilmu fisika dan kimia. Di dalam negeri sendiri, semua orang pasti mengenal Baharudin Jusuf Habibie. Profesor teknik ilmu pesawat terbang ini menamatkan nyaris seluruh jenjang pendidikan di Jerman. Hingga menjadi direktur badan usaha pesawat terbang Jerman dan Bapak Habibie kini meraih hak paten atas teori keretakan pesawat.

Dan jika anda sering berselancar di youtube dan instagram. Anda pasti mengenal influencer Gita Savitri. Ya, Gita Savitri satu dari banyak mahasiswa Indonesia yang melanjukan studi di Jerman. Sekarang selain berkuliah, juga menjadi influencer di bidang sosial masyarakat. Gita juga menjadi duta-duta internasional untuk lembaga-lembaga amal di Asia, Afrika dan Amerika.

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa

Lalu, apakah Bapak Habibie dan Gita Savitri bersekolah di Jerman sama-sama menggunakan uang pribadi? Jika Habibie mendapat beasiswa dari Pemerintah Jerman. Gita Savitri sebaliknya menggunakan uang pribadi. Eits, tapi jangan salah. Jerman bukanlah negara dengan biaya kuliah yang mahal. Biaya kuliah di jerman nyaris sama dengan di Indonesia

Kenapa bisa begitu? Karena sistem jaminan pendidikan di Jerman mampu membagi rata biaya kuliah. Hal demikian karena sistem pajak di Jerman yang tinggi dan ketat bisa dialokasikan ke berbagai sektor. Termasuk pendidikan. Disana, biaya pendidikan sangat murah meriah. Tetapi perlu diperhatikan bahwa biaya kuliah bisa murah. Sementara biaya hidup bisa tergantung pengeluaran masing-masing individu.

Baca Juga  Tak Perlu ke Gym, Ini 4 Cara Memperbesar Otot Lengan Dirumah

Biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa jika dihitung-hitung secara keseluruhan hampir sama dengan di Indonesia. Perlu diperhatikan bahwa biaya kuliah di universitas negeri di Jerman adalah nol, alias bebas biaya. Tetapi dengan catatan. Mahasiswa yang berkuliah di Universitas Negeri di Jerman wajib sudah diterima dan bersedia menjalani perkuliahan seperti warga negara Jerman pada umumnya.

Itu artinya anda siap belajar dengan fasilitas, kewajiban dan hak yang sama dengan warga negara setempat. Misalnya, anda diwajibkan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Tinggal di asrama kampus sebagai orientasi.

Serta mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan walaupun anda berstatus sebagai mahasiswa internasional. Sementara biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa di universitas swasta berbeda. Kampus swasta memiliki biaya yang relatif antara satu dengan yang lain.

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Perbandingan Biaya Kuliah di Jerman vs Tempat Kuliah Swasta di Indonesia

Berikut perbandingan biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa alias mandiri dengan biaya kuliah kampus swasta di Indonesia yang Kami ambil dari berbagai macam sumber

Dan perlu anda ketahui bahwa saat ini mata uang 1 Euro setara dengan Rp 17,367.03 dan perbandingan ini sudah termasuk biaya hidup selama maksimal 5 tahun:

1.Biaya SPP Universitas Negeri adalah gratis selama 5 tahun

Sementara biaya kuliah studenKolleg sekitar 2400 euro selama 5 tahun. StudenKolleg adalah penyetaraan atau matrikulasi bagi anda yang ijazah SMA nya tidak diakui kampus Jerman.

Konsultasikan dengan lembaga pendidikan/agensi pendidikan anda sebelum memutuskan mengambil Jerman sebagai tujuan studi. Bandingkan dengan SPP kampus swasta ternama di Jawa Barat atau Banten minimal 200 juta untuk uang pangkal dan SPP semester 300 juta selama 5 tahun.

2.Biaya Hidup per bulan 320 sampai 350 euro per bulan atau 2100 euro selama lima tahun.

Sementara biaya hidup di Indonesia 92 juta selama 5 tahun

3.Biaya Penginapan Apartemen sekitar 350 euro.

Bandingkan dengan sewa kos di Indonesia selama 5 tahun sekitar 60 juta.

Baca Juga  Pengertian Senam Lantai, Sejarah, dan 3 Gerakan Dasarnya

4.Biaya transportasi di Jerman jika menggunakan transportasi umum anda akan mendapatkan kartu khusus berlangganan dan tentunya mendapat diskon.

Sementara biaya transportasi di Indonesia anda bebas memilih menggunakan kendaraan bermotor pribadi atau mencoba transportasi umum.

Biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa atau mandiri ini akan sangat relatif. Terutama pada pengeluaran pribadi. Namun yang perlu anda ketahui kuliah kampus negeri di Jerman adalah gratis.

Sementara pengeluran pribadi tergantung apakah anda akan sering jajan di luar. Atau memutuskan memasak sendiri. Termasuk dengan penginapan apartemen juga. Apakah anda akan memutuskan menyewa apartemen tipe studio dengan kamar dan dapur sendiri

Atau anda memutuskan menyewa apartemen bergabung. Dimana setiap siswa mendapat satu kamar sementara dapur dan kamar mandi bersamaan.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *