cara menghilangkan rambut bercabang
Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Secar Tradisonal dan Murah
18/12/2018
cara mengobati gigi berlubang
Nyeri Gigi Berlubang? Gunakan 3 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ini
18/12/2018

4 Gambaran Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah yang Perlu Diketahui

biaya kuliah di jerman dalam rupiah

Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah – Negara Federal Jerman memang memiliki kebijakan untuk meniadakan biaya kuliah, bahkan untuk mahasiswa internasional sekali pun. Namun, hal tentu saja bukan berarti kamu bisa mendaftar kuliah ke sana hanya dengan bermodalkan tiga pasang baju dan sekotak pena saja.

4 Gambaran Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah yang Perlu Diketahui

biaya kuliah di jerman
Lalu, seperti apakah gambaran biaya kuliah di Jerman dan apakah mahal? jika Anda penasaran maka berikut ini adalah rincian biaya yang akan kamu perlukan untuk kuliah di Jerman yang perlu Anda ketahui:

1. Biaya Student Card

Biaya yang wajib dikeluarkan oleh mahasiswa di Jerman adalah biaya untuk student card, atau semacam itu namun gunanya sebagai tiket fasilitas umum atau festival budaya. Harga untuk student card ini akan bergantung pada letak kampus.

Apabila fasilitas umum yang ada di sekitar kampus jumlahnya banyak, maka biaya yang ditarifkan per semesternya pun akan semakin tinggi. Namun, sebagai gambaran, rata-rata universitas di Jerman akan mewajibkan €250 per semester atau €500 per tahun. Biaya kuliah di Jerman dalam rupiah tersebut adalah sekitar 8 juta.

Baca Juga  Perbandingan Biaya Hidup Di Jerman Vs Kota di JABODETABEK

2. Jaminan Visa Studi

Ketika kamu berada di Jerman sebagai mahasiswa, kamu diwajibkan untuk menunjukan bukti kepemilikan uang simpanan sebesar €8700. Ini bisa menjadi jumlah yang paling besar dari semua yang akan kamu butuhkan.

Simpanan tersebut sebenarnya bisa kamu pakai untuk keperluan sehari-hari, namun harus kembali utuh setiap kali akhir tahun atau datang masa perpanjangan visa studi.

cara kuliah di jerman

3. Biaya Perlengkapan Belajar

Tentu saja biaya wajib bagi mahasiswa adalah seputar alat-alat belajar. Kamu tidak boleh kompromi soal ini atau dengan kata lain boleh membayangkan seboros-borosnya untuk keperluan yang satu ini.

Harus diketahui bahwa untuk membeli buku, harganya tidak murah. Sementara itu, fotokopi di Eropa tidak juga semurah di Indonesia. Walau pun ada beberapa universitas yang menggratiskan biaya fotokopi, namun kamu harus berjaga-jaga jika universitasmu tidak memiliki kebijakan itu. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan dana sebesar €30 per bulan atau sebesar €3600 per tahun.

Baca Juga  Mau Kuliah Keluar Negeri? Ini 10 Universitas Di Jerman yang Gratis

4. Biaya untuk Asuransi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa yang membuat kuliah di Eropa jauh lebih elit ketimbang di dalam negeri salah satunya adalah karena di sana mahasiswa diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan di Jerman untuk mahasiswa kurang lebih sekitar €80 per bulan atau sebesar €920 per tahun. Biaya kuliah di Jerman dalam rupiah tersebut adalah sekitar 15 juta.

5. Biaya Indekos

Sama halnya seperti di Indonesia, harga indekos di Jerman juga akan bergantung pada letak kota kampus itu berada. Untungnya, tidak semua metropolitan di Jerman mengartikan mahal. Ada beberapa kota besar yang justru menarif tempat tinggal secara murah.

Apabila dirata-rata sebagai gambaran, penyewaan tempat tinggal untuk mahasiswa bertarif sekitar €210 per bulan atau lebih. Harga tersebut belum termasuk listrik €100. Dalam satu tahun, hitung saja kamu akan mengeluarkan €3720. Biaya kuliah di Jerman dalam rupiah tersebut adalah sekitar 61 juta.

6. Biaya Konsumsi

Salah satu alokasi biaya yang bisa ditekan adalah biasa konsumsi sehari-hari. Namun, ketika datang musim dingin di kotamu, maka sepertinya pengiritan itu tidak akan berhasil banyak.

Cara terbaik untuk menekan biaya konsumsi sehari-hari adalah dengan memasak sendiri, itu jauh perbedaan uang yang harus dikeluarkan ketimbang makan di luar.

Baca Juga  Belajar Bahasa Jerman Otodidak dan Hal yang Harus Diperhatikan

Maka ada baiknya siapkan dana sebesar €200 per bulan atau €2400 per tahun untuk gaya makan yang sederhana. Biaya kuliah di Jerman dalam rupiah tersebut adalah sekitar 39 juta.

7. Perlengkapan Sehari-hari

Ingat, jangan kuliah terus! Jangan lupa belajar juga! Supaya perantauan kamu berbuah maksimal, tentu kamu juga harus mengikuti beberapa kegiatan di luar kuliah. Siapkan dana sebesar €30 untuk ikut komunitas yang sesuai hobi dan minat.

Selain itu, ada juga kebutuhan sehari-hari yang harus kamu perhatikan, yaitu mengenai pakaian sesuai musim. Namun, untuk pakaian ini tidak bisa digambarkan. Hanya kamu yang bisa mengukurnya.

Itu tadi gambaran beberapa biaya kuliah di Jerman jika kamu tidak mengandalkan beasiswa. Jika ditotal, maka angkanya berjumlah sekitar €11170 (184 juta rupiah) yang akan habis setiap tahunnya. Kemudian, ditambah lagi €8700 (144 juta rupiah) wajib dimiliki walaupun tidak dipakai.

Untuk gambaran lebih akurat atau jika kamu membutuhkan tips mengenai pembiayaan kuliah di Jerman, kamu bisa mendapatkannya di virtueducation.org. Kamu juga bisa mendapatkan bantuan untuk diterima di universitas pilihanmu, selamat meraih mimpi ya.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *