manfaat daun pegagan
7 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Berikut Cara Pengolahannya
08/11/2018
cara kuliah di jerman
Mau Kuliah Keluar Negeri? Coba Ikuti 7 Cara Kuliah Di Jerman
09/11/2018

Mengenal Sejarah Lebih Dekat, Inilah Bentuk Pemerintahan Jerman

bentuk pemerintahan jerman

Bentuk Pemerintahan Jerman – Jerman merupakan negara yang secara geografis berlokasi di Eropa Barat. Sementara bentuk pemerintah Jerman adalah federal. Federal sendiri merupakan negara serikat yang merupakan kumpulan dari negara-negara bagian.

Bentuk pemerintahan jerman yaitu federal ini sama dengan Amerika Serikat (yang merupakan kumpulan negara-negara bagian). Bentuk federal Jerman dipimpin oleh seorang kanselir sebagai kepala pemerintahan. Jerman mempunyai lembaga tinggi negara yang kesemuanya berbentuk federal.

Seperti presiden federal, parlemen federal (DPR Federal yang menaungi semua negara-negara bagian), dan mahkamah konstitusi federal. Dari lembaga negara yang paling terkenal adalah parlemen federal yang bernama Bundeslag. Gedung Bundeslag sendiri terkenal menjadi objek foto bagi wisatawan dan mahasiswa internasional.

Sistem pemilu di Jerman berbasis dengan negara bagian dan negara federal. Negara bagian mempunyai perdana menteri sendiri dan parlemen sendiri. Sementara pemilu federal memilih anggota bundeslag melalui partai dan perwakilan daerah. Bundeslag kemudian memiih seorang kanselir dari koalisi partai terbanyak.

bentuk pemerintahan jerman
Mengenai Sejarah Lebih Dekat, Inilah Bentuk Pemerintahan Jerman

Negara Republik Federal Jerman juga memiliki sistem hukum yang merupakan mahkamah federal. Dimana hakim-hakim dipilih dari daerah-daerah bagian. Serta mengatur pembagian kekuasaan undang-undang yang bersifat umum dan bersifat spesifik.

Berbicara mengenai negara-negara bagian. Umumnya negara-negara bagian Jerman sudah sangat mandiri. Negara seperti Hamburg, Berlin dan Bremen mempunyai otoritas tersendiri dalam menata bidang kepolisian, tata kota, pendidikan dan kebudayaan serta penanganan bencana.

Selain negara-negara bagian tersebut juga terbagi negara-negara bagian dengan penduduk padat dan penduduk yang tidak padat.

Selain soal negara bagian dan federal. Jerman juga mengenal sistem majelis federal. Dimana majelis federal merupakan gabungan wakil-wakil dari negara bagian yang berkedudukan di Berlin.

Baca Juga  Perbandingan Biaya Hidup Di Jerman Vs Kota di JABODETABEK

Kewenangan majelis federal ini sebagai komunikasi antara negara bagian dengan federal dalam bidang yang lebih luas semisal ekonomi, hubungan internasional, pertahanan dan keamanan.

Dinamika politik di negara federal Jerman juga dinamis. Kepala Pemerintahan yang disebut kanselir merupakan anggota parlemen yang dipilih oleh koalisi partai di parlemen.

Koalisi Partai di parlemen juga tidak selamanya baik-baik saja. Selain karena fakta adanya perbedaan pemilu di negara bagian. Partai dalam koalisi menarik mosi kepercayaan kepada kanselir. Sehingga terjadi pemilu ulang di parlemen.

bentuk pemerintahan jerman

Mengenal Kondisi Pemilu Di Jerman

Kondisi pemilu negara bagian akan mempengaruhi perwakilan di parlemen federal. Sehingga membuat kondisi koalisi dan konstelasi partai-partai tidak selamanya stabil. Sehingga dinamika ini membuat bundestag sangat dinamis.

Politik dinamis ini tidak hanya terjadi di parlemen federal. Di parlemen negara bagian saja, partai partai minoritas seperti partai hijau dan lingkungan bisa memegang jabatan perdana menteri negara bagian.

Sementara untuk posisi kepala negara seperti Presiden Jerman. Presiden Jerman hanya boleh dijabat orang Jerman dengan syarat dipilih oleh dewan federal. Komposisi dewan federal sendiri merupakan gabungan dari anggota parlemen federal dan anggota perwakilan negara-negara federal.

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini Pembagian Jumlah Penduduk Jerman Di Setiap Negara Bagian

Jika anda berminat mendalami tentang jerman. Baik bahasa, kebudayaan, tata negara, dan sistem politik. Anda bisa mengambil kelas di virtu education. Anda bisa melihat tawaran-tawaran program perkenalan Jerman melalui website virtueducation.org.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *