beasiswa luar negeri jerman
6 Beasiswa Luar Negeri Jerman Ini Bisa Kamu Apply Sekarang Juga
21/11/2018
cara menebalkan rambut
4 Cara Menebalkan Rambut Dengan Alami dan Mudah Dirumah
22/11/2018

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula Ini Sangat Mudah Dipelajari

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Bahasa Mandarin untuk Pemula – Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan native speaker atau penutur terbanyak. Bahasa Mandarin juga merupakan salah satu bahasa resmi PBB. Semakin berkembangnya perekonomian negara Tiongkok membuat bahasa Mandarin semakin banyak digunakan.

Bahasa Mandarin tidak hanya digunakan di negara Tiongkok saja melainkan di negara – negara lainnya seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, Macau serta digunakan oleh orang Tiongkok yang berada di luar negeri termasuk Indonesia.

Baca Juga  Dasar-Dasar Percakapan Bahasa Mandarin dan Artinya yang Perlu Diingat

Bagi Anda yang ingin mulai mempelajari bahasa Mandarin untuk pemula, Anda bisa menyimak cara belajar bahasa Mandarin pemula berikut ini.

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula Ini Sangat Mudah Dipelajari

Belajar bahasa Mandarin pemula tidak sesulit yang Anda bayangkan, karena grammar dalam bahasa Mandarin tidak sesulit bahasa Inggris ataupun bahasa Perancis. Hal ini dikarenakan aturan grammar dalam bahasa Mandarin tidak banyak. Selain itu, di dalam bahasa Mandarin tidak terdapat kata kerja yang berbeda pada tiap tenses, konjugasi ataupun perbedaan gender.

Untuk belajar bahasa Mandarin pemula, Anda harus memperhatikan intonasi dan penulisan huruf Mandarin. Belajar Mandarin pemula bisa diawali dengan langkah – langkah berikut ini.

1. Membeli Kamus Bahasa Mandarin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk belajar Mandarin pemula yaitu membeli kamus bahasa Mandarin yang di dalamnya terdapat Hànzì (huruf Mandarin), Pinyin (cara membaca Hànzì) serta arti dari huruf Mandarin.

Baca Juga  Belajar Bahasa Mandarin Sehari Hari Dengan Keluarga

Selain membeli kamus, Anda juga bisa menginstall aplikasi belajar bahasa Mandarin yang berbasis android di handphone Anda. Beberapa aplikasi bahasa mandarin gratis yang bisa Anda pasang yaitu CoffeeStrap, Chinese Skill, Hello Chinese dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

2. Mempelajari Pengucapan kata atau Frasa

Untuk dapat menguasai bahasa Mandarin, Anda harus mempelajari dasar – dasarnya terlebih dahulu. Dalam bahasa Mandarin, kesalahan pengucapan kata atau frasa dapat mengubah makna secara menyeluruh.

Oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui cara pengucapan bahasa Mandarin. Cara pengucapan yang harus Anda pelajari diantaranya nada pertama, nada kedua, nada ketiga dan nada keempat.

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

3. Mempelajari Pinyin

Selanjutnya, Anda juga harus mengenal dan mempelajari pinyin. Pinyin merupakan sistem romanisasi bahasa Mandarin, dengan kata lain pinyin ini cara mengucapkan karakter huruf Mandarin dalam huruf alphabet. Dengan mempelajari pinyin, Anda akan lebih mudah belajar bahasa Mandarin untuk pemula.

4. Mempelajari Kata – Kata Dasar Bahasa Mandarin

Sebagai seorang pemula sebaiknya Anda mengetahui percakapan dasar bahasa Mandarin yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Beberapa percakapan dasar yang bisa Anda hafalkan yaitu nihao (halo), ni hao ma (bagaimana kabarmu), xiè xiè (terima kasih), bú yòng xiè (terima kasih kembali), ni jiào shén me míng zì (siapa namamu?), zài jiàn (sampai jumpa), hao jiu bú jiàn (lama tidak jumpa) dan masih banyak lagi kata – kata lainnya.

Anda juga harus mempelajari sistem angka dalam bahasa Mandarin, seperti angka 1 – angka 9 , puluhan, ratusan serta ribuan. Selain itu, kata – kata dasar bahasa Mandarin yang bisa Anda pelajari diantaranya nama bulan, nama hari, anggota tubuh manusia, pekerjaan, nama hewan, dan lainnya.

Baca Juga  Kosakata Bahasa Mandarin Sehari-Hari Dan Cara Membacanya

Anda bisa menghafalkan kata – kata dasar ini secara bertahap. Misalnya, menghafalkan kata – kata dasar ini per bagian dulu. Saat ingin menghafalkan nama – nama bulan maka Anda hafalkan dulu nama – nama bulan sampai hafal, barulah Anda menghafalkan bagian lainnya.

Untuk mempermudah Anda dalam menghafalkannya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengingat yang bisa Anda install di smartphone Anda.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *