lowongan kerja perawat
Ini Daftar Terbaru Lowongan Kerja Perawat di Jerman dan FSJ
20/03/2019
cara belajar toefl
Manfaatkan 9 Situs Ini Sebagai Cara Belajar TOEFL Gratis
20/03/2019

6 Catatan Penting Sebelum Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses

belajar bahasa jerman

Belajar Bahasa Jerman – Negara Jerman memang memiliki kemajuan di banyak bidang. Selain itu, negara ini memang dikenal memiliki kebudayaan yang cukup tua. Tidak heran, dengan berbagai tujuan, kini banyak orang yang tertarik belajar bahasa Jerman.

Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik belajar bahasa Jerman, tentu tidak akan salah jika keinginan kamu itu segera diwujudkan. Namun, supaya lebih mudah belajar, ketahui terlebih dahulu beberapa karakteristik bahasa Jerman yang telah kami rangkum berikut ini.

6 Catatan Penting Sebelum Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses

belajar bahasa jerman secara otodidak

1. Bahasa Jerman merupakan satu keluarga dengan bahasa Inggris

Jika diperhatikan sekilas, gugus huruf yang terdapat dalam kata-kata bahasa Jerman lebih banyak jika dibandingkan dengan bahasa Inggris. Namun, baik bahasa Jerman ataupun bahasa Inggris merupakan yang termasuk ke dalam Indo Europan.

Oleh sebab itu, banyak kata-kata dalam bahasa Jerman yang mirip dengan kata dalam bahasa Inggris. Misalnya, kata University dalam bahasa Inggris akan menjadi universitas dalam bahasa Jerman. Ini mah bukan merupakan sebuah kata serapan, tetapi memang kesamaan tanpa disengaja.

Baca Juga  4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Bandung Paling Rekomendasi

Dengan begitu, kita akan jauh lebih mudah mempelajari bahasa Jerman apabila kita sudah menguasai bahasa Inggris. Atau sebaliknya, dengan belajar bahasa Jerman maka akan memudahkan kita untuk belajar bahasa Inggris.

2. Bahasa Jerman memiliki variasi abjad dan pelafalan yang unik

Sebanyak 26 abjad huruf yang dikenal oleh bahasa Inggris dan bahasa Indonesia juga dikenal dalam bahasa Jerman. Pengucapan huruf huruf tersebut juga tidak jauh berbeda.

Namun, dalam bahasa Jerman dikenal beberapa abjad extra yang tidak terdapat dalam bahasa lain. Beberapa abjad extra yang dimaksud adalah ä, ö, ü , ß.”

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bahasa Jerman dimulai dari satuan terkecilnya yaitu bunyi. Dengan mengetahui varian abjad dan bunyi-bunyinya, kita akan lebih mudah mengenal dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Jerman.

3. Penambahan akhiran “en” dan “en” ada kata kerja

Seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman juga memiliki aturan di mana hampir 100% kata kerjanya akan diberi tambahan “en” dan “n” atau dalam tata bahasanya disebut Infinitiv. Selain itu, kata-kata kerja tersebut akan berubah bentuk menyesuaikan objek dalam kalimat.

Baca Juga  3 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Manjur

Misalnya, kata lernen akan menjadi learning bila digunakan pada kalimat bersubjek pertama tunggal, berubah menjadi lernst beda kalimat bersubjek kedua tunggal, berubah menjadi lernte jika digunakan pada kalimat bersubjek pertama tunggal dalam bentuk lampau, dan akan menjadi kata lerntesr jika digunakan pada kalimat bersubjek kedua tunggal bentuk lampau.

Pembahasan di atas mengatakan bahwa mempelajari gramatikal bahasa Jerman adalah langkah yang penting dalam belajar bahasa Jerman.

belajar bahasa jerman

4. Bahasa Jerman memiliki kata-kata benda ber gender

Ada lebih dari 98% kata benda dalam bahasa Jerman yang memiliki status gender atau hanya bisa digunakan pada satu gender tertentu. Presentasi tersebut meliputi 46% kata benda untuk feminin dan 34% untuk maskulin.

Sementara itu, hanya sekitar 1,3% kata benda yang dapat digunakan untuk dua gender, dan hanya sebesar 0,2% kata benda yang dapat digunakan untuk menyebut semua gender.

Umumnya Akan terdapat keterangan di belakang sebuah kata dalam bahasa Jerman, yaitu “m” atau maskulin, “f” yang berarti feminim, dan “n” yang berarti Netral.

Baca Juga  3 Lokasi Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Ini Bisa Anda Kunjungi

Ada juga beberapa awalan yang menjadi atribut dan menerangkan gender sebuah kata. Misalnya, atribut yang menyerupai “the” dalam bahasa Inggris adalah seperti der(m), die(f), dan das(n).

Kata benda dalam bahasa Jerman juga akan ditulis menggunakan awalan huruf kapital, berarti apabila kita menulis sebuah tempat atau nama orang, misalnya “das Baby”.

5. Bahasa Jerman memiliki 35 dialek

Seperti yang kita ketahui, negara federal Jerman memang terdiri dari beberapa negara bagian. Meskipun bahasa yang mereka gunakan sama, namun dialek-dialek yang ada tetaplah berbeda terutama di satu wilayah dengan wilayah lain.

Oleh karena itu, kamu harus cermat dia menyadari ketika berkomunikasi dengan native speaker. Miskomunikasi bisa saja terjadi karena 2 orang berbicara bahasa Jerman dengan dialek yang berbeda.

6. Bahasa Jerman memiliki susunan gramatikal cukup rumit

Yang dimaksud cukup rumit tentu mengacu pada masyarakat Indonesia. Pasalnya, penempatan kata-kata kerjanya hampir berbeda sama sekali dengan bahasa-bahasa yang selama ini dikenal.

Misalnya, dalam bentuk kalimat yang menyatakan lampau, kata kerja yang biasa digunakan diletakkan setelah subjek dalam bahasa lain, diletakkan setelah kata benda dalam bahasa Jerman.

Baca Juga  Ikuti Serunya Les Bahasa Perancis di Jakarta yang Santai

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk banyak membaca buku berbahasa Jerman selama kita belajar bahasa Jerman. Usahakan untuk membaca wacana utuh supaya kita mendapatkan bentuk-bentuk gramatikal yang semakin banyak.

Itu tadi adalah ulasan mengenai beberapa karakteristik dan catatan penting sebelum kamu memutuskan untuk belajar bahasa Jerman. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih lengkap mengenai Jerman, kamu dapat membuka website virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *