perbedaan kucing anggora dan persia
Ketahuilah 10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Sangat Mudah
27/09/2018
daycare jakarta
Memilih Daycare Jakarta Timur dan Daycare Kelapa Gading
27/09/2018

Belajar Bahasa Jerman Otodidak dan Hal yang Harus Diperhatikan

belajar bahasa jerman otodidak

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Sahabat, dewasa ini Jerman memang menjadi primadona untuk destinasi tujuan, baik untuk bisnis, liburan atau pun juga pendidikan.

Nah, karena mempersiapkan keberangkatan tersebut kemudian banyak orang rela kursus berbagai macam bahasa Internasional, seperti Bahasa Inggris maupun Bahasa Jerman.

Baca Juga  Panduan Lengkap Kuliah di Jerman dan Syarat Yang Harus Dipenuhi

Sayangnya, kursus bahasa Jerman yang bermutu kini belum banyak tersedia. Kalau pun ada maka budged siap menjadi masalah yang mengurangi semangat. Nah, karena itu banyak orang memilih untuk belajar bahasa. Dapatkah kita belajar bahasa Jerman otodidak?

belajar bahasa jerman otodidak
Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak dan Hal yang Harus Diperhatikan

Tentu saja kita bisa belajar bahasa Jerman otodidak, asalkan sungguh-sungguh dan memiliki metode yang tepat. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memperlajari bahasa Jerman.

1. Bahasa Jerman memiliki pelafalan yang unik dan cukup sulit.

Belajar bahasa Jerman tidak dapat dilakukan hanya dengan membaca teks dan kemudian mengucapkannya sendiri. Namun, Anda perlu mencari referensi audio yang dapat menyebutkan kata dalam bahasa Jerman dengan benar.

2. Memperhatikan Gramatikal bahasa Jerman

Menghapal kosa kata adalah suatu langkah yang penting, tetapi lebih baik lagi jika menghapalkan kosa kata melalui susunan gramatikal pada bahasa Jerman. untuk itu Anda harus sering mendengar atau membaca wacana utuh.

Hal tersebut karena dalam bahasa Jerman terdapat beberapa keunikan, misalnya sebuah kata akan tetap berbentuk sama walaupun dalam posisi subyek atau pun obyek.

Berbanding terbalik, ada sebuah kata yang akan berubah maknanya jika dimasukan ke dalam kalimat.

Nah, mengenai hal tersebutlah Anda harus membaca dengan teliti bagaimana aturan gramatikal yang berlaku dalam bahasa Jerman.

Baca Juga  3 Lokasi Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Ini Bisa Anda Kunjungi

3. Berlatih bicara

Sama seperti kebanyakan bahasa asing lainnya, untuk belajar bahasa Jerman yang terpenting adalah dapat mengucapkannya.

Hal tersebut karena terkadang banyak gugus vokal atau pun gugus konsonan yang sulit dilogikakan pelafalannya.

belajar bahasa jerman otodidak
Aplikasi Gadget Untuk Belajar Bahasa Jerman

Nah, setelah memperhatikan hal-hal tersebut, selanjutnya Anda dapat melakukan belajar bahasa dengan sangat efektif.

Beberapa aplikasi gadget ternyata dapat digunakan untuk belajar bahasa Jerman adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi Dualingo

Ini adalah salah satu aplikasi belajar bahasa paling populer di berbagai negara. Ada beberapa pilihan pelajaran bahasa, sekitar 10 bahasa populer di dunia termasuk bahasa Jerman.

Konsep aplikasi ini pun tidak kaku seperti menyuruh kita membaca teks panjang. Namun, melalui percakapan pendek dan efektif. Ada juga mode kuis yang selalu memberi kita hasil pembelajaran.

2. Google voice

Perangkat pencari data dalam internet ini nampaknya sangat berguna juga dalam hal kebahasaan. Anda dapat iseng-iseng mengucapkan sesuatu dalam bahas Jerman atau juga dapat mengetikan kata dalam bahasa Jerman agar tahu bagaimana pelafalannya yang benar.

3. Wacana berbahasa Jerman

Banyak membaca wacana utuh dalam bahasa Jerman adalah cara yang kompleks namun tidak terasa dalam mempelajari bahasa Jerman. Hal tersebut karena ketika membaca wacana utuh seperti koran, cerpen, atau yang lainnya, dapat membuat kita melihat unsur gramatikal bahasa Jerman seperti sintaksis, semantik, atau bahkan pragmatiknya.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah

Namun, Anda harus sangat sabar untuk melakukan ini. Anda akan tahu rasa kesal ketika membaca sebuah teks yang sama sekali tidak dimengerti arti maupun gagasannya. Cobalah membaca sambil mencari kalimat utama atau gagasan dalam setiap paragraf.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai belajar bahasa Jerman otodidak dan beberapa hal yang harus diperhatikan. Sahabat, belajar bahasa tidak pernah ada ruginya. Menjadi poliglot bahasa populer adalah sebuah kebanggaan yang jarang didapatkan oleh banyak orang. Terus belajar dan mencoba hal-hal baru, ya!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *