cara mudah belajar bahasa inggris
3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Mudah
16/04/2019
contoh teks narrative
Contoh Teks Narrative Berikut Terjemahannya Untuk Dipelajari
16/04/2019

4 Strategi Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Manjur

belajar bahasa inggris cepat

Belajar Bahasa Inggris Cepat – Belajar bahasa inggris cepat membutuhkan strategi dan trik sendiri. Karena pola belajar antara satu orang dengan yang lainnya jelas berbeda. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali mempelajari bahasa inggris. Otomatis membutuhkan adaptasi yang lumayan lama ketimbang mereka yang telah mengenal bahasa inggris sejak usia sekolah dasar contohnya.

Akan tetapi belajar bahasa inggris cepat bukanlah ditentukan seberapa banyak bekal belajar bahasa inggris sebelumnya. Karena banyak juga yang dahulu-dahulunya sudah belajar bahasa inggris. Kemudian hilang, lupa karena banyak pekerjaan. Akhirnya harus mengulang belajar bahasa inggris dari awal lagi.

Baca Juga  Cari Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik? Disini Tempatnya

Sementara justru yang memulai dari nol mampu melaju dengan cepat karena motivasinya belajar terus menerus dengan semangat. Sehingga mampu mengalahkan mereka yang pernah membekali dirinya dengan bahasa inggris tetapi malah kemudian lupa. Karena pada dasarnya, belajar bahasa inggris itu tidak lagi berdasarkan pada faktor pengalaman dan juga perbekalan sebelumnya. Tetapi juga ditunjang sikap kerja keras dan juga kerja cerdas.

Belajar Bahasa Inggris Cepat Membutuhkan Strategi

Termasuk belajar bahasa inggris cepat juga membutuhkan strategi khusus. Strategi ini perlu anda jabarkan apakah anda ingin belajar bahasa inggris cepat untuk menaikkan nilai TOEFL secara drastis dalam beberapa bulan saja. Atau belajar bahasa inggris cepat untuk keperluan tour guide, pariwisata atau bisnis semata.

Kedua-duanya membutuhkan strategi yang berbeda. Karena secara output, apa yang disebut dengan TOEFL selalu berbasis dengan soal-soal ujian. Sementara jika berbicara dengan output tour guide, pariwisata atau inggris bisnis selalu berkaitan dengan perkembangan kemampuan.

4 Strategi Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Manjur

cara belajar bahasa inggris cepat

Seseorang ingin belajar bahasa inggris cepat khususnya TOEFL dalam beberapa bulan saja adalah persoalan yang gampang. Anda tinggal membagi strategi belajar anda ke dalam tiga bagian soal ujian TOEFL:

Yaitu listening, structure hingga reading comprehension. Nanti kemudian tinggal disinkronkan dengan pola belajar anda. Secara sederhana tips dan trik cara belajar bahasa inggris cepat untuk mengejar nilai TOEFL hingga 500 sampai 600 dalam beberapa bulan dijelaskan dengan strategi berikut ini:

Baca Juga  Mudahnya Belajar Rumus Present Tense dan Kegunaanya

1. Buatlah Jadwal Belajar yang Terstruktur

Strategi belajar bahasa Inggris cepat yang pertama, buatlah jadwal belajar yang terstruktur, terjadwal dan konsisten selama beberapa bulan lamanya. Misalnya jika anda memiliki waktu luang satu jam sebeum tidur atau satu jam setelah bangun tidur.

Maka atur waktu anda untuk belajar bahasa inggris di satu jam berikut. Jadi jika anda satu hari mempunyai dua jam belajar. Berarti anda memiliki setidaknya 14 jam dalam seminggu. Kemudian anda atur saja, hari pertama pagi anda belajar listening, malamnya structure. Hari berikutnya digeser pagi structure malamnya reading comprehension. Seterusnya begitu.

2. Manfaatkan Sistem Belajar Kreatif dan Inovatif

Strategi belajar bahasa Inggris cepat yang kedua adalah manfaatkan sistem belajar kreatif dan inovatif. Sehingga anda tidak melulu mempelajari buku teks atau buku diktat yang bosan dan membosankan. Sehingga membuat anda agak malas belajar setiap harinya. Cobalah untuk mengkreasikan sistem belajar anda berbasis multimedia.

Baca Juga  8 Jenis dan Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Misalnya ketika anda belajar listening, cobalah mendengarkan podcast BBC Learning English yang bisa didownload dari play store. Di BBC Learning English anda bisa mendengarkan saran berita dalam bahasa inggris, ceramah kuliah dalam bahasa inggris dan juga penjelasan-penjelasan grammar dalam bahasa inggris.

3. Manfaatkan Internet

Ketiga, manfaatkan internet. Dunia telah berkembang cepat dengan adanya internet dan anda jangan sampai ketinggalan. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah mencari tutorial grammar di internet.

Akan lebih baik anda gunakan internet untuk menujang belajar kreatif anda. Misalnya sesekali dalam listening anda mendengarkan satu full video atau film bahasa inggris tanpa subtitle. Kemudian anda ringkas maksud dari film tersebut bagaimana.

4. Gunakan Saran Dari Lingkungan

Keempat, gunakan saran dari lingkungan sekitar anda. Salah satu kemampua dasar cepat yang dibutuhkan untuk belajar bahasa inggris cepat adalah penguasaan kosakata. Jika anda ingin belajar bahasa inggris cepat ya berarti kosakata anda harus diperbanyak setiap harinya.

Baca Juga  Contoh Kalimat Passive Voice Sesuai Tenses Untuk Dipelajari

Gunakan metode kreatif, misalnya dengan menyalin lima kosakata dalam bahasa inggris ke dalam kertas. Kemudian tempelkan kertas tersebut di lemari kamar anda atau meja belajar. Kemudian hafalkan selama satu hari. Esok harinya anda ulang kembali dan anda ganti dengan kosakata lima baru lagi. Begitu seterusnya hingga kosakata anda terus menerus bertambah.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *