Leukopenia adalah Kondisi yang Harus Segera Ditangani!
28/09/2018
gejala difteri pada orang dewasa
Waspada, Inilah Gejala – Gejala Difteri Pada Orang Dewasa dan Penangananya
29/09/2018

Begini Cara Mengobati Difteri Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

cara mengobati difteri secara alami

Cara Mengobati Difteri Secara Alami – Sahabat, jika Anda mengalami sakit tenggorokan disertai flu atau demam, sebaiknya Anda segera memriksaknnya ke puskermas atau dokter terdekat. Hal itu karena mungkin saja yang Anda alami adalah difteri.

Apa itu difteri?

Difteri adalah infeksi karena adanya gangguan dari bakteri Corynebacterium diphtheriae. Umumnya infeksi bakteri tersebut menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan serta memengaruhi kulit.

Dalam sejarah, penyakit ini pernah menjadi bencana karena menyebabkan banyak kematian di banyak negara tertinggal. Ada pun orang yang selamat akan melanjutkan hidup dengan kondisi kelumpuhan otot dan mengalami kerusakan pada bagian jantung serta ginjal.

Baca Juga  Awas, Inilah Ciri Ciri Psikopat dan Pertanyaan Untuk Mendeteksi Psikopat

Pada tahun 2016, terdapat 342 kasus difteri di Indonesia. Angka tersebut membuat Indonesia menjadi penyumbang kasus difteri terbanyak setelah India. Dari 3.353 kasus yang terjadi sejak 2011 hingga 2016, ada sekitar 100 orang di antaranya meninggal. Faktanya, hampir 90% orang yang mengalami difteri tersebut memang tidak pernah mendapatkan imunisasi.

Siapa yang mungkin terkena difteri?

Semua orang dapat tertular bakteri difteri. Namun, orang yang rentan terkena penyakit ini justru anak-anak kecil dengan usia 1 hingga 10 tahun. Hal itu karena anak-anak cenderung berbagi makanan.

Penyakit ini memang dapat menular dengan mudah apabila seseorang menghirup udara dari mulut atau hidung seseorang yang sudah terinfeksi. Tentu saja melalui kasus seperti batuk atau bersin.

Selain itu, memakan atau meminum bekas seseorang yang terkena infeksi difteri juga menjadi penyebab penyakit ini menular. Bahkan, jika minuman yang dimaksud tersebut adalah susu sekali pun.

Yang paling kerap tidak disadari adalah penularan penyakit ini melalui benda yang digunakan secara bergantian, seperti handuk, peralatan makan, atau mainan.

 cara mengobati difteri secara alami

Bagaimana difteri menyerang tubuh?

Bakteri difteri akan bekerja dengan membuat racun yang dapat membunuh sel sehat di tenggorokan sehingga sel sehat tersebut akan menjadi sel mati. Sel mati tersebut akan membentuk semacam membran atau lapisan tipis berwarna abu-abu di tenggorokan.

Membran berwarna abu-abu tersebut akan membuat sistem pernapasan menjadi terhambat atau berjalan tidak normal. Dampak secara tidak langsungnya adalah kurangnya asupan oksigen pada tubuh.

Dalam tingkatan yang lebih parah, racun yang dihasilkan bakteri difteri akan menyebar ke aliran darah sehingga sampai ke jantung, ginjal, dan sistem saraf.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

Bagaimana gejala difteri?

Gejala-gejala yang muncul jika seseorang terkena difteri umumnya tidak mudah dilihat. Namun, apabila sudah terlihat ada membran atau lapisan tipis berwarna abu-abu maka bisa dipastikan itu adalah difteri.

Selain itu, ada gangguan ringan seperti merasa sakit tenggorokan dan suara menjadi serak, mengalami demam dan menggigil, sulit menghirup napas dan sulit menelan atau malah bernapas terlalu cepat, serta mengeluarkan lendir dari mulut atau hidung disertai kondisi tubuh yang lemah.

Gejala lain yang dapat muncul adalah bereaksinya kelenjar getah bening di bagian leher sehingga membengkak. Gejala yang paling jelas adalah apabila seseorang sulir bernapas. Hal itu dikarenakan lapisan belakang kerongkongan menutup pernapasan dan menyebabkan kekurangan oksigen pada darah.

Seseorang yang terkena difteri biasanya menjadi lemah dan merasa lelah. Bahkan, mengalami pilek yang bermateri lendir bercampur darah.

Penanganan difteri

Bagi seseorang yang sudah terkena penyakit ini, maka pemberian penisilin dan eritromisin dapat digunakan sebagai penghilang kuan dan menghentikan pengeluaran toksin. Apabila ternyata sudah parah pada saluran pernapasan, maka dapat dibuat saluran pernapasan buatan menggunakan pipa.

Dalam pencegahannya, difteri dapat ditanggulangi dengan vaksinasi dengan jarak 10 tahun sekali.

 cara mengobati difteri secara alami

Begini Cara Mengobati Difteri Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

Tentu konsultasi ke dokter ahli sangat disarankan untuk ini. pada gangguan pernapasan yang disebabkan oleh membran sel mati, dokter akan melakukan pengangkatan. Beberapa cara medis juga akan dilakukan sesuai gangguan yang ada.

Selain itu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan difteri. Caranya adalah mengkonsumsi beberapa bahan alami yang telah terbukti mengobati difteri, yaitu sebagai berikut.

1. Jus nanas
Cara mengobati difteri secara alami yang pertama adalah menggunakan jus nanas. Hal tersebut karena buah nanas diketahui mengandung bromelein yang berfungsi baik bagi antiradang dan membantu sel-sel mati dalam tenggorokan. Dampaknya membran abu-abu akan hilang.

Selain itu, senyawa yang terkandung dalam nanas dapat menjadi penguat imunitas.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis, apalagi jika dipadukan dengan teh rosella, dipercaya dapat digunakan sebagai cara mengobati difteri secara alami. Campuran dua bahan tersebut bernilai sama dengan nanas yang antiradang dan antioksidan.

3. Bawang putih

Kandungan minyak atsiri yang baik sebagai anti bakteri dan anti radang rupanya juga dapat digunakan sebagai bahan salah satu cara mengobati difteri secara alami. Selain itu, bawang putih akan memperbaiki sel yang rusak karena mengandung saltivine.

4. Mengkudu
Buah beraroma tidak sedap ini memang terkenal punya banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan penumpukan toksin dalam darah. buah ini juga punya antibiotik yang membunuh bakteri.

Selain itu, kandungan scolopetin dan terpenoid adalah bahan yang ampuh meredam radang dan memperbaiki sel rusak.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak Dengan Mudah

5. Buah dan bahan herbal

Masyarakat Indonesia mengenal banyak sekali bahan-bahan yang dipercaya dapat menjadi obat banyak penyakit. Untuk meredakan difteri ini ada beberapa bahan yang sebaiknya Anda konsumsi.

Bahan-bahan yang dimaksud tersebut adalah pisang yang ditumbuk bersama madu, campuran temulawak dan madu, getah pepaya dan air hangat, jahe, kunyit, brokoli, bayam, dan alpukat.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai difteri dan beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara mengobati difteri secara alami.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *