beasiswa jerman s2
Mengenal Beasiswa Jerman S2 Untuk Para Pelajar Di Indonesia
20/12/2018
cara memperkenalkan diri dalam bahasa jerman
Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman Untuk Para Pemula
20/12/2018

Beasiswa kuliah di Jerman dan Program Jurusannya

beasiswa kuliah di jerman

Beasiswa kuliah di Jerman – Kebanyakan negara di Eropa memang menggunakan mata uang euro yang konversi rupiahnya lebih tinggi ketimbang dollar. Oleh karena itu, bagi mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di sana harus melakukan perhitungan matang. Untk itu juga kebanyakan mahasiswa akan mengandalkan beasiswa.

Yang perlu kamu tahu adalah bahwa beasiswa penuh kuliah di Jerman hanya berlaku untuk program magister atau pun doktoral saja. Kenapa? Karena pemerintah Jerman memang menggratiskan biaya untuk jenjang sarjana atau undergraduate.

Beasiswa kuliah di Jerman dan Program Jurusannya

cara mendapatkan beasiswa jerman
Berikut ini merupakan dua beasiswa beasiswa kuliah di Jerman yang kerap menjadi andalah. Beasiswa berikut ini merupakan beasiswa penuh yang menanggung biaya kuliah dan biaya hidup.

1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa kuliah di Jerman penuh yang paling kerap dicari oleh mahasiswa pelamar magister adalah beasiswa dalam negeri LPDP. Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Tujuan atau kerjasamanya pun sudah dengan ratusan kampus dari seluruh dunia, termasuk juga universitas di Jerman.

Beasiswa kuliah di Jerman ini ditangani oleh sebuah unit di bawah Kementrian Keuangan, yang bertugas dalam pengelolaan dana pendidikan mahasiswa. Pemberian dananya pun tidak setengah-setengah, yaitu dijamin penuh hingga termasuk keluarganya yang ikut, apabila sudah menikah atau memiliki anak.

Baca Juga  10 Pilihan Tempat Kuliah Kedokteran di Jerman Paling Rekomendasi

Ada banyak pintu pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Hal tersebut akan didasarkan pada kriteria tertentu yang sesuai dengan masing-masing mahasiswa (sayangnya semakin hari semakin mempermudah bagi mereka mahasiswa bidikmisi/mengunggulkan status miskin). Berikut ini adalah kategori beasiswa LPDP yang bisa kamu pilih.

1. Beasiswa LPDP Reguler.

2. Beasiswa LPDP Dokter Spesialis.

3. Beasiswa LPDP Disertasi.

4. Beasiswa LPDP Afirmasi. Beasiswa LPDP afirmasi terbagi menjadi beberapa kategori lagi, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Panduan Lengkap Kuliah di Jerman dan Syarat Yang Harus Dipenuhi

a. Daerah Tertinggal.

b. Alumni bantuan biaya pendidikan (Bidiksi )Untuk yang Berprestasi.

c. Individu yang Berprestasi dari Keluarga kurang mampu (miskin)

d. Prestasi di bidang olahraga, di bidang Seni, Kebudayaan, dan bidang keagamaan.

e. Untuk penyandang Disabilitas.

f. PNS/POLRI /TNI.

g. Santri.

h. Prestasi untuk olimpiade di bidang Sains, bidang teknologi, dan bidang keterampilan.

5. Beasiswa LPDP Unggulan Untuk Dosen Indonesia

6. Program LPDP Co-Funding.

beasiswa kuliah di jerman
2. DAAD

Selain beasiswa LPDP, beasiswa kuliah di Jerman penuh lainnya yang dapat diandalkan adalah Beasiswa EPOS. Beasiswa EPOS atau Development-Related Postgraduate Courses ini adalah sebuah program beasiswa yang diadakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst atau lebih dikenal dengan singkatan DAAD.

Pemberian dana beasiswa DAAD ini pun hampir seperti LPDP, atau bahkan bisa lebih baik jika mengingat konversi nilai mata uang yang digunakan lembaga itu sendiri.

Baca Juga  Mau Kuliah Keluar Negeri? Coba Ikuti 7 Cara Kuliah Di Jerman

Namun, ketentuan dan syarat yang diharuskan juga relatif lebih sulit apabila dibandingkan dengan LPDP. Walaupun mahasiswa tidak harus mencantumkan surat tanda miskin, mahasiswa harus menyerahkan bukti dapat menggunakan bahasa Jerman dengan sempurna, surat telah memiliki pengalaman kerja di perusahaan bidang ekonomi, tekonologi, atau pun sosial.

Sayangnya, sedikitnya jumlah program kuliah yang terhubung adalah kekurangan beasiswa ini. Diketahui bahwa tidak semua jurusan kuliah dapat ditanggung oleh beasiswa DAAD. Berikut adalah program jurusan yang bisa kamu pilih.

a. Medicine and Public Health.

b. Social Sciences, Education and Law.

c. Agricultural and Forest Sciences.

d. Natural and Environmental Sciences.

e. Media Studies.

f. Engineering and Related Sciences.

g. Mathematics.

h. Economic Sciences/Business.

i. Administration/Political Economics.

j. Development Cooperation.

k. Regional and Urban Planning.

Baca Juga  Hal Seputar Kuliah di Jerman Gratis Untuk Anda Ketahui

Dua beasiswa di atas hanya salah satu cara supaya kamu bisa mendapat pembiayaan penuh selama kuliah di Jerman. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai kuliah di Jerman lengkap dengan perencanaannya, kamu bisa cek di virtueducation.org

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *