manfaat minyak zaitun untuk bibir
Begini 4 Cara Menggunakan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir
08/12/2018
julukan negara jerman
3 Julukan Negara Jerman Beserta Alasannya yang Perlu Diketahui
10/12/2018

Tak Perlu Biaya Mahal, Manfaatkan 5 Program Beasiswa Jerman Ini

beasiswa jerman

Beasiswa Jerman – Saat ini mimpi untuk kuliah ke luar negeri semakin mudah terwujud dengan adanya berbagai macam jenis beasiswa yang diadakan dari Negeri sendiri maupun yang diakan oleh Negara yang berada di luar negeri.

Baca Juga  6 Beasiswa Luar Negeri Jerman Ini Bisa Kamu Apply Sekarang Juga

Namun, sayangnya masih banyak para pelajar yang belum mengetahui informasi tersebut, padahal ada banyak beasiswa yang diberikan kepada pelajar di Indonesia yang berprestasi dan salah satu negara yang memberikan banyak beasiswa adalah negara Jerman. Lalu bagaimanakah cara mendapatkannya dan apa sajakah jenis beasiswanya? berikut di bawah ini adalah ulasannya untuk Anda ketahui:

cara mendapatkan beasiswa
Tak Perlu Biaya Mahal, Manfaatkan 5 Program Beasiswa Jerman Ini

Perlu Anda ketahui bahwa beasiswa Jerman terbagi menjadi 3 yaitu yang diberikan oleh pemerintah Jerman, diberikan Pemerintah Indonesia dan yang terakhir dari pihak swasta, dan berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk Anda:

A. Jenis Beasiswa Jerman yang Diberkan Pemeritah Jerman

1.DAAD

DAAD merupakan singkatan dari Deutscher Akademischer Austausch Dienst dan jika diartikan adalah Dinas Pertukaran Akademis di Jerman. DAAD merupakan beasiswa yang sangar populer karena menyediakan paling banyak jenis beasiswa. Salah satu program yang ditawarkan adalah beasiswa EPOS.

Program beasiswa ini ditujukan bagi para profesional yang memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Tidak hanya Pegawai Negeri Sipilis saja yang bisa mendaftar program DAAD.

Baca Juga  Tips Tanpa Grogi, Hadapi 2 Ujian SAT dan Tips Persiapannya

Karena para pekerja yang berasal dari perusahaan swasta juga bisa mendaftar program DAAD guna mendapatkan pendidikan pasca sarjana pada bidang studi yang berkaitan dengan profesi mereka. Biaya yang ditanggung oleh beasiswa juga beragam contohnya saja ada yang berupa pembiayaan parsial maupun biaya penuh.

Selain itu ada juga program beasiswa PPGG, yaitu program S2 bidang kebijakan publik tata kelola pemerintahan yang baik. Beasiswa ini terbuka bagi lulusan sarjana yang belum memiliki pengalaman kerja (fresh graduate). Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa DAAD, kamu bisa mengunjungi website www.daad.id

2.Erasmus +

Erasmus + merupakan program beasiswa yang didanai oleh European Comission yang ditawarkan kepada 160 negara di luar Uni Eropa. Beasiswa ini akan menanggung semua kebutuhan kamu selama belajar di negara-negara Uni Eropa, termasuk Jerman.

Biaya yang ditanggung diantaranya biaya kuliah, biaya transportasi, tunjangan bulanan, dan akomodasi. Kamu bisa membuka alamat www.eacea.ec.europa.eu untuk mendapatkan info lebih lanjut.

B. Jenis Beasiswa Jerman yang disediakan pemerintah Indonesia

beasiswa jerman s 1

3.LPDP

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk lulusan sarjana yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri.

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

Beasiswa ini menyediakan kuota beasiswa yang sangat banyak, tetapi persaingan mendapatkan beasiswa juga sangat ketat karena banyaknya peminat yang mendaftar. Info selengkapnya mengenai beasiswa LPDP bisa kamu dapatkan di www.beasiswalpdp.org

C.Beasiswa yang disediakan oleh lembaga non pemerintah

4.Deutschland stipendium

Deutschland stipendium adalah beasiswa yang sumber dananya berasal dari kontribusi pemerintah Jerman 50 % dan pihak swasta 50 %. Besarnya dana yang didapatkan mahasiswa adalah € 300 per bulan selama 2 semester. Setelah 2 semester, mahasiswa bisa memperpanjang dengan mengajukan ulang aplikasi beasiswa. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang memiliki bakat di bidang akademik dan juga aktif berorganisasi. Untuk mengetahui info lengkap dan persyaratannya, bisa dilihat di website www.deutschlandstipendium.de

5.Heinrich böll scholarships

Beasiswa yang didanai oleh Heinrich böll foundation ini membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa di luar Jerman yang memenuhi kualifikasi untuk kuliah program master dan PhD di Jerman. Beasiswa ini sebenarnya berlaku untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Namun untuk pelamar dari non Uni Eropa, beasiswa ini hanya terbuka untuk program S2 dan S3. Sebagai gambaran saja, seorang mahasiswa master yang berasal dari non Uni Eropa ini akan mendapatkan maksimal € 750 per bulan. Untuk info lengkap dan pendaftaran, kamu bisa langsung cek di website resmi mereka https://www.boell.de/en/scholarships-application

Baca Juga  SAT Test Adalah Standar Peneriman Mahasiwa Baru di Amerika

6.Kurt hansen science scholarships

Pogram beasiswa yang disponsori oleh Bayer (perusahaan kimia dan farmasi) ini diperuntukkan bagi kamu yang tertarik dengan bidang science. Beasiswa ini akan memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan proyek penelitian, pelatihan, magang, dan lain-lain. Untuk info selengkapnya bisa diakses di www.bayer-foundations.com

Nah, jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut untuk kuliah gratis di Jerman tanpa beasiswa kalian bisa cek web virtueducation.org dan semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat yah.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *