aplikasi belajar bahasa jerman
8 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Untuk Mengasah Bahasa Jermanmu
08/01/2019
kuliah gratis di jerman
Mau Kuliah Gratis di Jerman? Perhatikan 4 Biaya Ini
08/01/2019

Wajib Tahu, Ini Beasiswa di Jerman dari Berbagai Penyelenggara

beasiswa di jerman

Beasiswa di Jerman – Bagi kamu yang ingin kuliah ke Jerman tetapi tidak menemukan beasiswa untuk jenjang bachelor atau S-1, jangan khawatir. Itu memang lazim mengingat hampir semua negara bagian Jerman memberlakukan kuliah gratis.

Namun, bagi kamu yang ingin menempuh jenjang master atau doctor, bisa mendaftar ke berbagai beasiswa. Beasiswa dalam negeri LPDP tentu harus dicoba pertama kali. Selain itu, ada juga beasiswa lain sebagai berikut.

Wajib Tahu, Ini 2 Beasiswa di Jerman yang Diadakan Oleh Pemerintah Eropa

cara mendapatkan beasiswa di jerman
1. DAAD

Bagi kamu yang berasal dari luar Eropa dan sudah pernah bekerja, terutama di perusahaan teknologi dan bidang sosial, DAAD bisa jadi andalan. Meskipun seleksinya cukup ketat dan jangkauan program jurusan masih terus dalam proses pengembangan, namun pendanaannya cukup baik.

Baca Juga  Mau Kuliah Keluar Negeri? Ini 10 Universitas Di Jerman yang Gratis

2. Erasmus Plus

Bagi kamu yang menempuh jenjang bachelor di wilayah Eropa atau berdomisili di Eropa, beasiswa Eramus+ ini akan lebih mudah untuk dicoba. Sama seperti DAAD Schoolarship, Eramus+ ini juga termasuk beasiswa di Jerman yang disediakan pemerintah Eropa.

Inilah 3 Beasiswa di Jerman yang Diadakan Oleh Non-goverment

Selain beasiswa yang diadakan pemerintah Eropa, terdapat juga beberapa beasiswa yang disediakan leh lembaga non-goverment. Beasiswa di Jerman semacam ini kerap dipilih karena menggunakan seleksi yang lebih fear tanpa melihat kewarganegaraan. Bagi kamu yang memiliki nilai akademik memuaskan harus mencobanya.

1. Heinrich Böll Scholarships

Ada dua macam beasiswa yang diadakan oleh Heinrich Böll Foundation, yaitu beasiswa bagi mahasiswa lokal Jerman dan beasiswa bagi mahasiswa internasional.

Bahkan, lembaga beasiswa ini juga menyediakan bagi jenjang bachelor yang kesulitan mengenai biaya hidup atau kuliah di wilayah Jerman yang tidak menjalankan kebijakan kuliah gratis.

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

2. Deutschland Stipendium

Beasiswa yang satu ini biasanya mengutamakan prestasi atau bakat penerimanya. Sayangnya, pendanaan yang diberikan masih cukup kecil, yaitu sekitar 300 euro setiap bulannya. Namun, uniknya adalah ada tawar menawar mengenai pendanaannya.

3. Kurt Hansen Science Scholarships

Bagi kamu yang menyukai dunia pendidikan terutama di bidang sains, beasiswa di Jerman yang satu ini bisa dicoba. Pendanaan yang nantinya diberikan pun cukup lengkap, mulai dari pendanaan untuk proyek-proyek studi, biaya magang, tambahan semester musim panas, program persiapan dan suplementer, hingga biaya untuk pelatihan tenaga pengajar sains.

Beasiswa Kuliah Di Jerman yang Tidak Sepenuhnya Gratis

beasiswa di jerman

Harus diketahui bahwa antar universitas di Jerman tidak memiliki perbedaan yang sangat mencolok mengenai kualitas pendidikan atau pun fasilitas. Oleh karena itu di mana pun kamu kuliah, asalkan sesuai jurusan yang dikejar, maka pasti oke.

Untuk itu juga, memilih kuliah di universitas yang memiliki program beasiswa adalah jalan lain supaya bisa kuliah geratis sepenuhnya. Nah, coba berikut ini.

1. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Beasiswa tidak penuh, alias hanya berupa potongan uang kuliah ini bisa diandalkan jika memang tidak cukup beruntung untuk mendapatkan beasiswa penuh.

Baca Juga  Ausbildung Adalah Program yang Bisa Membawamu ke Jerman

Setiap tahun ada sekitar 10 orang yang bisa mendapatkan potongan biaya kuliah. Namun, hal itu hanya berlaku bagi mahasiswa jenjang doktoral dan yang mengambil program bidang akuntansi, matematika, bahasa Inggris, keuangan, dan administrasi bisnis.

2. RWTH Aachen University Scholarships

Selain masuk ke catatan sebagai 100 besar Times Higher Education Reputation Rankings, universitas ini memang memiliki program beasiswa bagi mahasiswa asal Jerman dan mahasiswa internasional. Namun tentunya kamu bisa masuk ke dalam penjaringannya terlebih dahulu.

3. FRIAS Cofund Fellowship Programme

Bagi kamu yang memiliki sebuah penelitian dan tidak mau bersaing dengan mahasiswa yang hanya mengandalkan keberuntungan, University of Freiburg adalah tempat yang cocok. Universitas ini tidak hanya memberikan beasiswa untuk mahasiswa lokal, tetapi juga mahasiswa Internasional

Baca Juga  Tak Perlu Biaya Mahal, Manfaatkan 5 Program Beasiswa Jerman Ini

Nah, itu tadi adalah beberapa beasiswa di Jerman yang bisa kamu andalkan untuk dapat kuliah ke Jerman secara gratis. Untuk mendapatkan informasi lebih luas dan ter-update mengenai Jerman dan dunia pendidikannya, kamu bisa membuka virtueducation.org

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *