cara memancungkan hidung secara alami
Cara Memancungkan Hidung Secara Alami Ini Bisa Anda Coba
24/09/2018
cara mengolah lidah buaya
Cara Mengolah Lidah Buaya Dengan Benar Agar Bermanfaat
24/09/2018

Awas, Inilah Bahaya Masker Spirulina Untuk Kesehatan Wanita

bahaya masker spirulina

Bahaya Masker Spirulina – Kulit wajah yang kusam seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang, khususnya wanita. Untuk mendapatkan kulit yang bersih, halus, putih dan cantik, kebanyakan kaum hawa mencoba berbagai jenis perawatan kulit. Salah satu perawatan kulit yang populer adalah masker.

Masker spirulina merupakan masker wajah alami yang akhir – akhir ini sedang naik daun. Masker ini terbuat dari sejenis tumbuhan ganggang berwarna biru kehijauan yang bernutrisi tinggi. Spirulina tinggi akan protein, zat besi, asam amino dan kaya akan nutrisi lainnya. Dengan kandungan nutrisi tersebut, spirulina sering disebut sebagai superfood dan juga banyak dimanfaatan sebagai suplemen kesehatan.

Baca Juga  Efek Samping Parasetamol Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Banyak pengguna masker spirulina yang telah mendapatkan manfaat dari masker tersebut. Banyaknya pengguna masker yang memberikan testimoni positif, membuat masker spirulina ini semakin populer.

Masker spirulina diklaim menjadi masker yang tidak menimbulkan efek samping karena masker ini dibuat dengan menggunakan bahan – bahan alami. Selain itu, spirulina juga diklaim tanpa efek samping. Beberapa manfaat masker spirulina yaitu mengembalikan kesegaran kulit, menjaga kesehatan kulit wajah, mencegah penuaan dini, mencegah timbulnya jerawat serta mencerahkan kulit wajah.

bahaya masker spirulina
Bahaya Masker Spirulina

Pasti Anda bertanya – tanya, dari sekian banyak manfaatnya adakah efek samping atau bahaya masker spirulina? Kebanyakan orang mempertanyakan hal tersebut karena mereka menyadari bahwa tidak semua produk kecantikan yang dijual di pasaran aman untuk dipakai.

Memang tidak semua pemakai masker spirulina merasakan bahaya masker spirulina. Namun beberapa orang dapat merasakan bahaya masker spirulina ini

Efek samping atau bahaya masker spirulina ini umumnya terjadi bukan karena tidak cocok pada pemakainya, tetapi efek ini didapat karena pemakai masker spirulina sebelumnya menggunakan kosmetik – kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca Juga  Manfaat BB Cream Wardah Sesuai Varian Untuk Kecantikan Wanita

Masker spirulina akan mengeluarkan racun yang ada di kosmetik – kosmetik yang kita pakai, sehingga proses pengeluaran racun tersebut akan menimbulkan gatal – gatal serta kulit kemerahan. Umumnya efek samping ini muncul pada awal pemakaian.

Bahaya masker spirulina lainnya adalah masker spirulina bisa terkontaminasi dengan logam berat dan microcystins dan dapat pula bereaksi dengan penggunaan obat – obat tertentu seperti obat diabetes, obat immunosuppressant dan obat tekanan darah tinggi.

Selain itu bagi pengguna masker spirulina yang harus diwaspadai yaitu adanya masker spirulina palsu. Bahaya masker spirulina palsu dapat menimbulkan efek samping seperti :

1. Kulit wajah menjadi semakin kering

Jika Anda mengalami kulit kering setelah memakai masker spirulina, bisa jadi kulit wajah Anda tipe kulit wajah yang sensitif. Selain itu bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan masker spirulina palsu kemungkinan tidak cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Akibatnya, kulit menjadi semakin kering dan kusam.

2. Timbulnya minyak berlebih

Umumnya spirulina cocok digunakan untuk kulit kering dan normal. Jika Anda memiliki kulit berminyak dan terdapat minyak berlebih pada kulit wajah Anda yang membuat kulit wajah Anda menjadi semakin berminyak, mungkin ini merupakan efek samping dari pemakaian masker spirulina palsu.

3. Timbulnya rasa perih

Penggunaan masker spirulina palsu dapat menyebabkan rasa perih pada wajah. Rasa perih ini muncul setelah pemakaian beberapa kali.

4. Jerawat muncul semakin banyak

Umumnya masker spirulina asli akan mendetoksifikasi racun – racun yang dari dalam kulit wajah. Proses detoksifikasi ini terjadi pada pemakaian pertama hingga 7 hari pemakaian masker spirulina. Jika Anda memiliki kulit berjerawat, dengan pemakaian spirulina asli biasanya jerawat akan mudah diatasi.

Namun jika masker spirulina yang Anda gunakan palsu, maka bahaya masker spirulina palsu dapat menyebabkan jerawat muncul semakin banyak dan tidak kunjung hilang.

Baca Juga  Jenis-Jenis Rangkaian Wardah White Secret dan Manfaatnya

5. Adanya rasa gatal yang sangat terasa

Pemakain pertama masker spirulina asli biasanya memunculkan rasa gatal karena proses detoksifikasi. Namun jika Anda memakai masker spirulina dan menyebabkan rasa gatal yang amat sangat dan berkepanjangan, kemungkinan yang Anda gunakan adalah masker spirulina palsu.

bahaya masker spirulina
Perhatikan hal ini Jika Ingin Menghindari Bahaya Masker Spirulina

Untuk menghindari bahaya – bahaya masker spirulina yang telah kami uraikan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Berhati – hatilah saat membeli produk masker spirulina, agar Anda terhindar dari masker spirulina palsu.

2. Jangan tergiur dengan harga masker spirulina yang sangat murah. Harga yang sangat murah kemungkinan produk palsu.

3. Belilah masker spirulina yang sudah ada nomor BPOM dengan harga jual yang standar.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *