cara memutihkan sepatu
Jangan Dibuang, Ini 4 Cara Memutihkan Sepatu dari Noda Kuning
15/12/2018
cara mengatasi kulit belang
Ini Dia 4 Cara Mengatasi Kulit Belang Paling Murah dan Ampuh
15/12/2018

Berbahayakah Anak Sering Mimisan? Bagaimana Cara Mengatasinya?

anak sering mimisan

Anak Sering Mimisan – Mimisan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai epistaksis adalah kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Hampir setiap orang pernah mengalami mimisan, bagi orang yang mengalami atau melihat mimisan pasti akan merasa panik. Bagaimana tidak kondisi ini memperlihatkan darah yang keluar dari hidung bisa salah satu lubang hidung bahkan keduanya.

Baca Juga  Cara Menghentikan Mimisan Anak dengan Mudah dan Praktis

Waktu mengalami mimisan sendiri beragam ada yang mengalami beberapa detik adapula yang mengalami lebih dari 10 menit. Semakin lama mimisan terjadi maka harus ditangani dengan cepat dan benar. Bagi penderita mimisan yang harus diwaspadai adalah faktor usia.

cara mengtasi mimisan anak
Berbahayakah Anak Sering Mimisan?

Mimisan yang terjadi pada anak-anak dan lansia sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Mengapa? Bahaya mimisan yang sering terjadi pada anak bahkan rutin merupakan gejala penyakit leukimia atau kanker darah. Maka jika anak mengalami mimisan secara rutin sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih detil.

Apabila anak tidak mengalami mimisan secara rutin maka bisa saja disebabkan oleh beragam hal. Misalnya saja anak sedang mengalami pilek kemudian membuat saluran di hidung iritasi. Anak akan sering mengusap hidung sehingga menimbulkan luka yang menimbulkan pendarahan dan keluar menjadi mimisan.

Baca Juga  19 Kegunaan Daun Sirih Untuk Kesehatan Berikut Cara Pengunaanya

Pembuluh darah di hidung pada anak-anak lebih rentan sehingga jika terlalu sering di usap atau bahkan mengeluarkan ingus terlalu kencang akan membuat pembuluh darah pecah. Sebagai orang tua harus memperhatikan ketika anak sedang pilek sehingga kondisi mimisan dapat teratasi dan dicegah dengan baik. Pilek juga menjadi penyebab mimisan pada anak saat tidur, jadi selalu cek kondisi anak di malam hari karena mimisan juga bisa terjadi.

cara mengatasi mimisan anak
5 Langkah Awal Mengatasi Mimisan Pada Anak

Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasi anak sering mimisan? Tentu saja jangan panik dan pastikan orang tua telah mengetahui langkah awal untuk mengatasi mimisan yang terjadi. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diingat:

1. Anak harus duduk

Jika mimisan terjadi saat anak tidur bangunkan perlahan dan dudukan anak dengan tegak. Tundukan kepala anak sehingga darah behenti.

2. Memencet hidung

Sambil tunduk pencet hidung dan mintalah anak bernafas melalui mulut. Jangan biarkan anak batuk atau bersin karena darah bisa masuk ke dalam tenggorokan. Rasa sakit akan muncul ketika anak menelan darah.

3. Tambahkan waktu 10 menit untuk memencet hidung

Setelah sepuluh menit memencet hidung lepaskan dan lihat apakah masih terdapat aliran darah yang mundul. Jika darah masih keluar tambahkan waktu 10 menit dan lanjutkan memencet hidung.

4. Siapkan kompres es

Ada baiknya kompreskan es pada bagian di luar hidung anak Anda untuk meredakan nyeri dan juga membekukan darah agar berhenti.

5. Segera mebawa ke dokter

Jika mimisan sudah berhenti atau berlanjut sebaiknya tetap bawa ke dokter untuk penanganan selanjutnya. Kondisi normal untuk mimisan adalah tidak lebih dari 20 menit.

Apabila peristiwa mimisan pada anak telah ditangani dengan baik dan perdarahan berhenti, selanjutnya adalah perhatikan aktivitas anak. Jangan biarkan anak bersin terlalu kencang, memasukan jari ke dalam hidung dan mengorek-ngorek, jangan biarkan mereka memasukan benda asing ke dalam rongga hidung. Jika tidak diawasi dengan benar mimisan pada anak bisa saja terjadi kembali.

Bagaimanakah Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

Asupan makanan untuk anak yang sering mimisan juga harus selalu terjaga. Anak sering mimisan karena kurangnya vitamin dan juga mineral dalam tubuh. Vitamin akan membuat anak tidak mudah terserang flu dan batuk penyebab mimisan. Asupan makanan seperti buah-buahan sangat baik menjaga stamina mereka agar tetap bisa beraktifitas dengan baik.

Makanan seperti sayuran yang mengandung banyak bioflavonoid juga dibutuhkan. Kandungan antioksidan di dalamnya akan membuat anak bisa lebih bertahan dalam cuaca yang tidak menentu, bahkan bisa mengurangi terjadinya pengakit kanker seperti leukimia.

Baca Juga  Gejala Leukimia dan Ciri Ciri Leukimia Itu Seperti Apa?

Jagalah pola makan anak, anak yang sedang menginjak umur 1 atau dua tahun kebanyakan akan mengalami sulit makan. Kondisi ini adalah hal umum namun pola makan harus tetap dijaga dengan benar dan pastikan dalam menu makanan sehari-hari mereka terdapat kandungan vitamin, mineral dan juga serat.

Pola makan yang baik tidak hanya untuk mencegah penyakit mimisan saja namun juga untuk menjaga kondisi tubuh anak tetap sehat dan tumbuh kembang anak tetap normal. Selalu awasi kegiatan bermain anak yang menjadi pemicu mimisan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *