pap smear
Apa Itu Pap Smear? Pap Smear Adalah Penting Bagi Wanita, Ini Syaratnya
02/10/2018
cara merawat kucing persia
Cara Merawat Kucing Persia yang Simpel dan Mudah
03/10/2018

Amoxilin Obat Apa dan Apa Kegunaan Obat Amoxilin?

amoxilin obat apa

Amoxilin Obat Apa – Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, amoxilin obat apa. Bagi kita yang awam akan dunia medis, pasti belum banyak mengetahui tentang obat satu ini. Di bawah akan dijelaskan secara lebih lanjut mengenai amoxilin serta kegunaannya.

Amoxilin sendiri adalah jenis antibiotik dari golongan penisilin dan digunakan dalam mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri. Sebagai contoh adalah infeksi pada saluran kemih, saluran pernapasan hingga saluran telinga.

Amoxilin hanya akan berguna untuk mengobati infeksi bakteri serta tidak dapat digunakan untuk infeksi yang disebabkan virus, seperti flu. Obat ini akan membunuh bakteri dengan menghambat pembentukan dinding sel pada bakteri.

obat amoxilin

Kegunaan Amoxilin dan Keterangan Lengkapnya

Untuk lebih mengetahui amoxilin obat apa, kita bisa telusuri terlebih dahulu asal-usul obat ini. Amoxilin termasuk dalam kategori obat resep dengan manfaat menagatas infeksi bakteri. Amoxilin bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Bentuk obat ini sangat beragam, ada yang berbentuk tablet, kapsul, sirup hingga suntik. Kategori kehamilannya termasuk dalam kategori B, di mana studi pada binatang tidak memperlihatkan resiko pada janin, namun studi pada wanita hamil belum dilakukan.

Amoxilin memiliki sangat banyak manfaat pada tubuh jika dikonsumsi sesuai tujuan dan dosis yang sesuai. Fungsi utamanya ialah mengatasi serta mencegah ragam infeksi yang disebabkan bakteri. Amoxilin tidak dapat menghalau infeksi virus dan hanya terbatas pada bakteri saja.

Jenis infeksi yang bisa diatasi dengan penggunaan amoxilin ialah infeksi THT, sistem pernapasan, saluran kemih, reproduksi wanita, saluran pencernaan, kulit serta jaringan lunak, gonore dan meningitis.

Namun perlu diperhatikan bahwa infeksi bakteri di atas tidak hanya dapat disembuhkan dengan penggunaan amoxilin saja, namun juga pola hidup sehat. Di antaranya adalah rajin olahraga, makan secara teratur, istirahat cukup serta menghindari kontak dengan zat kimia.

Baca Juga  Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Amoxilin Obat Apa?

Selain mencegah terjadinya infeksi bakteri, jawaban untuk amoxilin obat apa ialah untuk menjaga tubuh jika terkena serangan bakteri. Karena itulah obat ini termasuk dalam golongan antibiotik, karena memang memiliki fungsi anti bakteri, walau tidak berperan sebagai anti virus.

Pertanyaan seputar amoxilin obat apa memang memiliki jawaban beragam, tak sekedar anti biotik namun juga sebagai peningkat daya tahan tubuh serta kekebalan. Selain itu, amoxilin berperan pula dalam menghambat terbentuknya dinding sel bakteri.

Peringatan penggunaan obat ini terutama adalah agar penggunanya berhati-hati jika memiliki alergi tertentu, terutama alergi pada penisilin. Jika pengguna akan menjalani vaksinasi, pastikan dokter tahu karena amoxilin bisa menghambat kinerja vaksin, terutama adalah vaksin tifoid.

Jika pengguna tengah mengonsumsi pil kontrasepsi dan muntah-muntah akibat amoxilin, pastikan gunakan pengaman tambahan karena amoxilin 500 ini akan dapat menghambat kinerja pil kontrasepsi.

Konsultasikan pada dokter apabila kita menderita atau dicurigai menderita gangguan ginjal. Konsultasikan pula apabila ditemukan efek samping dari pemakaian amoxilin, seperti reaksi alergi maupun overdosis.

Dosis penggunaan amoxilin 500 sendiri akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Untuk abses gigi pada orang dewasa bisa diberikan sebanyak 3 gram dan diulang tiap 8 jam. Infeksi saluran kemih akan mendapat dosis amoxilin sebanyak 3 gram tiap 10 hingga 12 jam.

Infeksi lain seperti saluran pernapasan akan diberikan dosis 3 gram, infeksi H. pylori diberikan dosis 750 hingga 1000 mg sementara infeksi gonore diberikan dosis sebanyak 3 gram. Penderita faringitis serta tonsilitis akan mendapat dosis 755 mg selama 10 hari.

Baca Juga  Domperidone Adalah Jenis Obat Anti Emetik, Apa Kegunaanya?

Penggunaan amoxilin 500 secara benar haruslah sesuai dengan petunjuk yang ada di bungkus obatnya. Ikuti pula anjura dokter dalam mengonsumsinya. Jangan sampai kita mengubah sendiri dosis amoxilin tanpa ada konsultasi pada dokter.

Kegunaan amoxilin akan dapat terlihat dengan maksimal baik apabila dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan. Pastikan dosis yang diberikan sesuai anjuran dokter dihabiskan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Ini penting untuk mencegah kembali infeksi terjadi.

Apabila infeksi masih belum sembuh pula setelah konsumsi amoxilin, maka kembalilah temui dokter untuk konsultasi serta pengobatan lebih lanjut. Apabila secara tidak sengaja melewatkan dosis amoxilin, segera konsumsi jika jadwal dosis selanjutnya tidak terlalu dekat.

Pasien anak-anak mungkin akan terpengaruh oleh konsumsi obat ini. Di antaranya yang sering terjadi ialah warna gigi menjadi cokelat, kuning hingga abu-abu. Konsultasikan pada dokter agar perubahan warna gigi bisa dicegah dan kegunaan amoxilin tetap didapat secara maksimal.

Berhati-hatilah saat mengonsumsi obat ini bersamaan dengan obat lain agar kegunaan amoxilin bisa didapat tanpa menyebabkan efek samping. Beberapa obat yang dimaksud antara lain adalah antikoagulan atau pengencer darah karena dapat meningkatkan efeknya.

kegunaan amoxilin

Hati-Hati Efek Samping Obat Amoxilin

Selain itu, hati-hati juga saat mengonsumsi amoxilin bersama allopurinol karena bisa meningkatkan resiko alergi pada amoxilin, probenecid karena dapat meningkatkan kadar amoxilin yang ada dalam darah dan antibiotik karena bisa mempengaruhi efek dari amoxilin.

Pengguna harus tahu amoxilin obat apa dan berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan pil KB atau kontrasepsi oral. Ini karena konsumsi amoxilin akan dapat menurunkan efektivitas dari pil KB.

Kita juga sebaiknya mengenali efek samping obat amoxilin serta bahaya dari obat amoxilin. Efek samping obat amoxilin memang jarang terjadi namun bukan berarti tidak akan terjadi. Mengingat amoxilin obat apa dan tidak boleh dikonsumsi dengan jenis obat lain, maka akan ada efek samping yang timbul.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi ialah mual dan muntah, sakit kepala, diare serta terjadinya ruam pada kulit. Konsumsi amoxilin harus segera dihentikan apabila tanda-tanda efek samping tersebut sudah mulai terlihat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *