cara belajar ielts otodidak
4 Tips dan Cara Belajar IELTS Otodidak yang Bisa Dicoba
25/03/2019
penyebab kesemutan
Awas, 7 Penyebab Kesemutan Ini Tidak Bisa Disepelekan
26/03/2019

Wajib Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Menu Diet

10 makanan penurun kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol – Mengganti makanan apa yang Anda konsumsi akan menurunkan kolesterol. Cara ini lebih mudah dan cepat dibandingkan Anda harus mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Kolesterol adalah lemak yang berada dalam membran sel. Tubuh kita sebenarnya telah memproduksi kolesterol dengan sendirinya sehingga tidak membutuhkan asupan kolesterol dari luar. Kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga  Bunda, Ketahui 6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol harus dikonsumsi oleh setiap orang dalam diet kolesterol mereka. Cara diet, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi akan bekerja berbeda untuk masing-masing orang.

Sangat penting memiliki alat untuk mengukur kadar kolesterol dalam tubuh sehingga Anda dapat memonitor kadar kolesterol sendiri di rumah. Melalui hasil tersebut Anda dapat melihat apakah gaya hidup dan pola diet yang cocok untuk Anda.

daftar makanan penurun kolesterol
Wajib Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Menu Diet

Jika Anda sudah siap untuk melakukan diet menurunkan kolesterol, berikut ini acuan 10 makanan penurun kolesterol yang wajib ada:

1. Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda

Anda dapat mengganti makanan yang menggunakan minyak hewani dengan lemak sehat dari tumbuh-tumbuhan. Banyak minyak yang diproduksi dari kacang-kacangan seperti minyak canola, minyak zaitun, minyak kacang tanah dan alpukat.

Diet pertama dapat dimulai dari mengurangi minyak hewani dalam tubuh, jika dihitung dapat mengurangi hingga 18% kolesterol. Jumlah tersebut sangat tinggi untuk mengurangi kolesterol secara drastis.

Baca Juga  13 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Ini Wajib Dikonsumsi

Rasa dari minyak dari kacang-kacangan memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan minyak hewani. Minyak dari biji-bijian dan kacang-kacangan ini mengandung 12,9% lemak jenuh, 15,1% lemak tak jenuh tunggal dan 7,9% lemak tak jenuh ganda.

2. Gandum

Gandum sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 7-14%. Anda bisa mengkonsumsi gandum, oat atau beras merah. Anda bisa mengkonsumsi gandum atau oat sebagai bubur di pagi hari.

Beras merah bisa digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi. Protein dan vitamin akan menggantikan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda mengkonsumsi beras putih sehari-hari akan sedikit sulit untuk menggantinya dengan beras merah.

Beras merah yang dikonsumsi akan lebih cepat mengenyangkan. Tidak hanya Anda yang sedang diet kolesterol, beras merah cocok juga bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Konsumsi beras merah akan melancarkan pencernaan.

Baca Juga  3 Khasiat Jeruk Lemon Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

3. Flaxseeds

Mengkonsumsi flaxseed dan biji rami efektif menurunkan kolesterol hingga di angka 8-14%. Anda bisa mengkonsumsi biji rami sekitar 50 gram sehari setelah kolesterol berkurang. Jumlah tersebut akan mengurangi hingga 8% kolesterol.

Stelahitu konsumsi secara rutin dengan jumlah 38 gram flaxseeds yang akan mengurangi kolesterol hingga 14%. Biji rami dikonsumsi dalam muffin atau produk roti lainnya. Biji rami mudah dimasukkan dalam makanan yang dipanggang, serta ditambahkan ke sereal panas seperti oatmeal.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh hingga 9-12%. Kurang dari 900 mg bawang putih mentah sehari dapat menurunkan hingga 12%. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah sebagai salad dressing yang dicampur dengan minyak zaitun.

Baca Juga  4 Manfaat Bawang Putih Mentah yang Jarang Diketahui

5. Almond

Kacang almond memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk dikonsumsi, berfungsi untuk mengurangi kolesterol hingga 10%. Cukup dengan mengkonsumsi setengah cangkir almond, jika mengkonsumsi seperempat cangkir akan menurunkan kolesterol hingga 10%.

Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi lebih dari setengah cangkir. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai camilan atau campuran pada oatmeal saat sarapan.

makanan penurun kolesterol

6. Lycopene

Sangat penting untuk memenuhi asupan tubuh dengan lycopene. Lycopene adalah pigmen karotenoid yang memiliki fungsi untuk memberikan warna pada sayuran dan buah. Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti semangka, tomat, wortel yang mengandung lycopene tinggi.

Likopen dapat menurunkan kolesterol hingga 10-17%, selain itu juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga  4 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

7. Walnut dan Pistachio

Masih makanan yang berupa kacang-kacangan, walnut dan pistachio adalah kacang yang dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Makanan ini memiliki fungsi untuk menggantikan konsumsi lemak kolesterol tinggi lainnya.

Anda bisa mengkonsumsi sekitar 30 gram walnut yakni 20-30% dari total asupan kalori yang diperlukan untuk mencapai manfaat menurunkan kalori.

8. Barley

Gandum barley dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%. Biasnya barley dikonsumsi dalam bentuk utuh, olahan mie dan tepung.

9. Coklat hitam

Para pecinta coklat bisa mengkonsumsi coklat hitam untuk menurunkan kolesterol hingga 2-5%. Anda perlu mengkonsumsi dalam jumlah banyak karena fungsinya adalah sebagai penyerapan kolesterol. Konsumsi dalam jumlah sedikit tidak akan memberikan pengaruh.

Baca Juga  5 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot yang jarang Diketahui Banyak Orang

10. Teh hijau

Selain makanan, terdapat juga minuman yang akan menurunkan kadar kolesterol hingga 2-5%. Anda bahkan bisa mengkonsumsinya setiap hari pada pagi atau malam hari. Teh hijau adalah minuman yang banyak ditemukan di wilayah Asia Timur termasuk Indonesia.

Teh hijau memiliki fungsi untuk mencuci minyak dalam tubuh. Konsumsi teh hijau tanpa gula akan menjadi minuman rendah kalori untuk diet.

Inilah 10 makanan penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi dalam menu diet kolesterol Anda semoga saja setelah mengkonsumsi makanan diatas kolesterol Anda yang tadinya tinggi menjadi normal dan ada baiknya dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *